Guru PAUD Miliki Peran Penting

Penyerahan bantuan untuk guru honorer PAUD dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Profesi guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bermakna strategis dalam peradaban bangsa. “Guru PAUD mengemban tugas untuk membangun karakter anak, apalagi anak usia dini yang masih polos, yang nanti akan menjadi bekal bagi mereka ketika dewasa nanti,” ujar Wali Kota Pariaman Genius Umar ketika memberi sambutan pada acara penyerahan bantuan untuk guru honorer PAUD dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman, bertempat di Mushala Balaikota Pariaman, Rabu (6/1).

Bantuan yang diberikan merupakan zakat yang dikumpulkan oleh Baznas Kota Pariaman yang berasal dari ASN Pemerintah Kota Pariaman. Genius berharap kepada para tenaga pendidik honorer PAUD yang menerima sedikit bantuan dari Baznas ini memanfaatkan dengan baik, karena nilainya tidak seberapa.

Genius menyebut, profesi sebagai guru sering disebut sebagai profesi yang mulia, sehingga masyarakat memandang guru sebagai orang yang memiliki kewibawaan dan keteladanan yang baik. Ia berharap para guru mengajarkan anak dari usia dini untuk mempunyai karakter yang kuat, seperti membiasakan membuang sampah pada tempatnya.

Baca Juga:  Tiap Akhir Pekan, Pentas Seni Pantai Kata Tampilkan Pertunjukan Seni

Ke depan Genius berharap agar para guru PAUD dapat menunaikan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Sementara itu Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) yang juga Bunda PAUD Kota Pariaman, Lucyanel Genius mengatakan, bantuan dari Baznas ini, upaya lain untuk menambah pendapatan dari guru PAUD yang honornya tidak seberapa.

Ketua Baznas Kota Pariaman, Jomohor mengatakan, pihaknya menyalurkan zakat untuk para guru PAUD se-Kota Pariaman sebanyak 280 orang, dengan masing-masing nantinya akan menerima zakat sebesar Rp 350.000 rupiah per orang. (nia)