Alumni SMPN 1 Pariaman Gagas Lomba APC dan SCC

Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin membuka Alumni Peduli Cup (APC) ke-VII tingkat SMP/MTS sederajat di Kota Pariaman dan 5 th Spensa’s Competition Cup (SCC) tingkat SD/MI sederajat Kota dan Kabupaten Padangpariaman. (Foto: IST)

Bertempat di halaman SMPN 1 Pariaman, Sabtu (7/3), Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin membuka Alumni Peduli Cup (APC) ke-VII tingkat SMP/MTS sederajat di Kota Pariaman dan 5 th Spensa’s Competition Cup (SCC) tingkat SD/MI sederajat Kota dan Kabupaten Padangpariaman.

Mardison Mahyuddin mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh alumni SMPN 1 Pariaman yang telah bersedia mengadakan kegiatan ini dan sudah 7 tahun lamanya.

“Hari ini para alumni SMPN 1 Pariaman mengadakan APC ke-VII dan SMPN 1 Pariaman mengadakan 5 th SCC. Pemerintah Kota Pariaman mendukung penuh kegiatan ini karena dua kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak kita tingkat SMP/MTS sederajat dan SD/MD sederajat,” ungkapnya.

Wawako mengatakan, SMPN 1 Kota Pariaman adalah salah satu SMP yang dipersiapkan menjadi pelaksana pendidikan yang berkarakter di Kota Pariaman sehingga nantinya akan melahirkan anak-anak yang berprestasi. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu harus dengan partisipasi dan dorongan semua baik pemerintah, komite, guru, orangtua serta masyarakat sekitarnya untuk anak tetap aktif dalam kegiatan dan lomba apapun.

“Dengan adanya pendidikan berkarakter, anak akan selalu berani baik berani tampil ke depan, berani memperlihatkan prestasinya, berani berbicara di depan umum dan yang paling penting anak-anak menjadi berkualitas sesuai dengan tema lomba tahun 2020 yaitu generasi emas, cerdas, berkualitas untuk agama, bangsa dan budaya,” tuturnya.

Ia berharap lomba ini mampu membuat anak memiliki pendidikan agama yang kuat sehingga membentuk karakter peserta didik, mampu memahami Al Quran dan pedoman hidup, mampu membuat murid tumbuh menjadi generasi andal.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Pariaman, Rostina, mengatakan lomba ini adalah kegiatan rutin yang digagas alumni SMPN 1 Pariaman dan tahun 2020 merupakan tahun ke-7 untuk pelaksanaannya. Kegiatan yang dilaksanakan alumni ini diselenggarakan tanpa dipungut biaya pendaftaran atau gratis.

“Untuk lomba APC tingkat SMP/MTS sederajat kita buka beberapa lomba, antara lain lomba Tahfidz Putri pesertanya sampai saat ini ada 16 peserta dan Tahfidz Putra ada 14 peserta , lomba Adzan ada 19 peserta, MSQ ada 11 peserta dan Ciloteh ada 9 grup. Semua peserta akan memperebutkan total hadiah Rp 12,5 juta,” sebutnya.

Lomba SCC tingkat SD/MI sederajat yang dilaksanakan pada hari Minggu (8/3) akan memperlombakan cabang IPA, IPS, Matematika dan Tahfidz. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kota Pariaman yaitu meningkatkan Hafidz dan Hafidzah di Kota Pariaman.

“Untuk peserta SCC sampai saat ini sudah berjumlah 307 orang baik dari kota ataupun kabupaten karena kita memang membuka kesempatan sampai ke kabupaten. Semua peserta akan memperebutkan total hadiah Rp 1,8 juta,” tuturnya.

Lomba Alumni Peduli Cup (APC) ke-VII tingkat SMP/MTS sederajat di Kota Pariaman dan 5 th Spensa’s Competition Cup (SCC) tingkat SD/MI sederajat kota dan Kabupaten Padangpariaman dilaksanakan selama dua hari Sabtu dan Minggu. Lomba ini dihadiri langsung oleh beberapa alumni baik yang berada di Kota Pariaman ataupun luar kota bahkan alumni dari Pulau Jawa. (*)