US di Pariaman Terapkan Disiplin Prokes

6
Pelaksanaan ujian sekolah di Kota Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pariaman telah melaksanakan Ujian Sekolah (US) sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) yang biasa dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya. US ini telah dimulai sejak Senin (5/4) hingga Sabtu (10/4). Pelaksanaan ujian dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Kabid Dikdas Dinas Dikpora Kota Pariaman, Yurnal menjelaskan SE Menteri mengenai US tersebut maka dinas menginstruksikan setiap sekolah di Kota Pariaman dapat melaksanakan ujian untuk kelulusan.

Kepala SDN 09 Bato Kecamatan Pariaman Timur, Dori Vernanda mengungkapkan, US di sekolahnya dilaksanakan mulai dari menyusun kisi-kisi soal dan menyusun soal yang akan diujikan untuk kelas 6 hingga pelaksanaannya dikelola oleh sekolah.

”Sistem dan teknis pelaksanaan hampir sama kami buat dengan pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) tahun 2018 lalu. Sekolah membentuk panitia ujian, menugaskan guru untuk mengawas ujian, membuat denah tempat duduk, menyediakan tata tertib bagi peserta dan pengawas, membuat surat pernyataan pengawas dan daftar hadir peserta ujian,” ujarnya.

Tahun ini merupakan tahun pertama pelaksaan US yang diserahkan kepada sekolah. Untuk pelaksanaan tahun pertama sekolah bisa melaksanakan dengan baik, meskipun masih ada yang perlu ditingkatkan.

Baca Juga:  Baznas Pariaman Distribusikan Rp 88,4 Juta Zakat Fitrah 

Kepala SDN 11 Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan, Azhari mengatakan, keuntungan Kebijakan Merdeka Belajar dalam pelaksanaan Ujian Sekolah antara lain hilangnya tingkat kecemasan (beban psikologis ) peserta didik, orangtua, saat menghadapi ujian akhir sekolah.

Kelulusan pun ditentukan oleh hasil belajar peserta didik pada tingkat satuan pendidikan karena bahan ujian untuk kelulusan dibuat oleh guru pada masing – masing satuan pendidikan. Selama pelaksanaan ujian berjalan lancar dan siswa merasa senang dan tidak ada tekanan dalam ujian. (nia)

Previous articleIndonesia Masters Super 100 Batal Digelar
Next articlePercepat Realisasi Sumbar Madani, Unggul dan Berdaya Saing