Pencegahan Covid-19, Pemko Pariaman Aktifkan Posko Perbatasan

26
Pemko Pariaman menggelar rapat penanganan Covid-19 jelang Lebaran. (Diskominfo Pariaman)

Pemko Pariaman mulai mengoperasikan kembali posko perbatasan di beberapa titik di daerahnya. Hal ini dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Pariaman.

Sekaligus menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021, tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah.

“Terkait saat ini semakin tingginya angka penyebaran Covid-19 di Sumatera Barat dan daerah lainnya, serta untuk melindungi masyarakat Kota Pariaman,” ujar Wali Kota Pariaman, Genius Umar, ketika memberikan keterangan pada rapat penanganan Covid-19 di Kota Pariaman, bertempat di ruang rapat wali kota, Balaikota Pariaman, Rabu (5/5).

Untuk itu selain mengaktifkan kembali posko satuan gugus tugas penanganan Covid-19 di Kantor Balaikota, Pariaman juga mengoperasikan kembali posko perbatasan yang ada. Larangan ini berlaku bagi semua masyarakat yang melakukan perjalanan antar kota/kabupaten, provinsi, maupun negara, baik yang menggunakan modal transportasi darat, kereta api, laut, maupun udara.

Baca Juga:  Warung Ana Mie Aceh Razali yang Legendaris di Aceh, Hadir di Kota Pariaman

”Tim yang ada di posko perbatasan ini nantinya akan bertugas melakukan pengecekan suhu tubuh setiap pengendara, pencatatan identitas dan trafik perjalanan dari pengendara serta penyemprotan desinfektan kepada setiap mobil yang melintas,” ungkapnya.

Pemeriksaan di perbatasan ini  dilakukan sampai  nantinya penyebaran Covid-19 ini dapat ditekan. Genius menyebut tentu semua  berharap agar pandemi yang telah berlangsung lebih dari satu tahun ini, dapat segera berlalu, sehingga aktivitas kembali berjalan seperti biasa.

Tim yang ada di posko di perbatasan nantinya akan diisi mulai dari TNI, Polri, Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan serta BPBD Kota Pariaman. “Semoga dengan kebersamaan ini, dengan melibatkan seluruh stakeholders yang ada, kita dapat maksimal menekan penyebaran Covid-19 yang ada di Kota Pariaman,” ujarnya.

Rapat ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad, Asisten I, Yaminurizal, Polres Pariaman, Kodim 0308 Pariaman, Kepala OPD terkait, Camat dan tim satuan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Pariaman yang hadir. (*/bis)