Poltrada Bali Kerja Sama dengan Pemko Pariaman

Walikota Pariaman Genius Umar bersama jajaran dan Wakil Direktur II Poltrada Bali, Hendrialdi berfoto bersama setelah menerima kunjungan Poltrada Bali diruang kerja Balaikota Pariaman, Selasa (7/7/2020). (IST)

Walikota Pariaman, Genius Umar, jalin kerjasama dengan kampus-kampus ternama yang ada di Indonesia. “Dengan bekerjasama dengan kampus yang ternama, kita berharap para mahasiswa kita yang akan berkuliah disana, dapat merubah hidupnya menjadi lebih baik,” ujarnya ketika menerima Hendrialdi, Wakil Direktur II Poltrada (Politeknik Transportasi Darat) Bali, bertempat di ruang kerja Walikota Pariaman, Selasa siang (07/07/2020).

Melalui Program unggulanya Saga Saja (Satu Keluarga Satu Sarjana), Pemerintah Kota Pariaman memberikan subsidi kepada warganya yang berasal dari keluarga tidak mampu, untuk dapat meneruskan pendidikanya ke jenjang yang lebih tinggi.

“Melalui Program Saga Saja ini, kita memfasilitasi para mahasiswa kita untuk kuliah di kampus-kampus vokasi, dimana pembiayaanya dibantu oleh Pemko Pariaman, dan di tahun ini kita telah memulai menambah kampus ternama yang menjalin kerjasama dalam program Saga Saja ini,” ungkapnya.

“Setelah pembicaraan dengan Poltrada Bali, sebagai salah satu kampus yang berada dibawah Kementerian Perhubungan RI ini, kita harap, ada warga kita yang akan menempuh pendidikan disana, dimana selepas tamat nanti mereka akan langsung diangkat menjadi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil),” tukasnya.

Genius berharap dengan bertambahnya kampus-kampus ternama yang menjalin kerjasama dnegan Pemko Pariaman, kita menginginkan para mahasiswa kita nantinya akan dapat bersaing dengan mahasiswa lainya yang ada di Indonesia.

Sementara itu Wakil Direktur II Poltrada Bali, Hendrialdi mengatakan bahwa Politeknik Transportasi Darat ini memiliki kampus di Tabanan dan Gianyar Bali, dengan memiliki 3 Program Studi, yaitu D-III Manajemen Transportasi Jalan, D-IIII Teknologi Mekanika Otomotif dan D-III Manajemen Logistik.

“Pada saat ini, kita sudah menutup pendaftaran untuk Tahun Ajaran Baru 2020/2021, dimana kita membuka sebanyak 72 calon Taruna dengan pola pembibitan yang berasal dari pusat, yang nantinya akan diterima sebagai CPNS maupun PNS,” ulasnya.

“Untuk Tahun 2021 mendatang, kita akan tingkatkan kuota ini menjadi 120 untuk calon Taruna CPNS pembibitan dari pusat, dan kita bersama dengan Pemko Pariaman juga akan mulai merekrut calon taruna untuk Program Saga Saja yang berasal dari Kota Pariaman ini,” ucapnya.

Hendrialdi menjelaskan awalnya Poltrada Bali ini bernama Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Bali yang berdiri sejak Tahun 2002. Pada Tahun 2019 dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia, dengan Nomor PM 30 Tahun 2019 pada tanggal 10 Mei 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Transportasi Darat Bali, Sejak itu Balai Pendidikan dan Pelatihan Transpormasi Darat Bali berubah nomenklatur menjadi Politeknik Transportasi Darat Bali (Poltrada Bali).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Pariaman Kanderi mnegatakan bahwa, Program Saga Saja pada Tahun 2020 ini telah memasuki usia tiga tahun, dimana dimulai sejak Tahun 2018 yang lalu, dengan jumlah mahasiswa sudah 60 orang, dan khusus tahun ini, kita mengirim sebanyak 150 orang yang akan kita kirim ke 7 Perguruan Tinggi yang menjalin kerjasama dengan Pemko Pariaman.

“Dengan bertambahnya Poltrada Bali ini, kita sudah menjalin kerjasama dengan 7 (tujuh) Kampus ternama baik yang ada di Sumbar maupun yang ada diluar Sumbar, dimana ada 4 (empat) kampus yang ada di Sumbar, 2 (dua) kampus yang ada di Pulau Jawa dan 1 (satu) kampus yang ada di Bali, yaitu Poltrada ini,” tuturnya.

“Untuk Sumbar kita menjalin kerjasama dengan UNP, Poltekpel Sumbar (Tiram), Politeknik ATIP, dan Politeknik Kelautan dan Perikanan Pariaman. Di Pulau Jawa kita menjalin kerjasama dengan Akademi Vokasi Universitas Indonesia (UI) Jakarta dan Institut Teknologi Bandung (ITB), dan di Bali kita kerjasama dengan Poltrada ini,” jelasnya. (*)