Masyarakat Urus di Rumah Saja, Dokumen Kependudukan Diantar Gratis

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pariaman Syahfirman. (Foto: Diskominfo)

Masyarakat Kota Pariaman diberikan dua pilihan layanan dalam pengurusan berkas-berkas kependudukan di masa pandemi virus korona (Covid-19) saat ini. Yakni pelayanan secara langsung dan online. Namun, di masa pandemi virus korona saat ini, masyarakat diimbau mennggunakan layanan secara daring.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pariaman Syahfirman menjelaskan, untuk aplikasi pelayanan online, masyarakat bisa mengunduh atau mendownload lewat playstore dengan nama Aplikasi Dukcapil Digi Mobile atau bisa membukanya di link http://dukcapildigi.pariamankota.go.id.

“Di aplikasi ini semua jenis pelayanan yang berkaitan dengan kependudukan bisa dilihat di sini,” kata Syahfirman di kantornya, Rabu (8/4).

Di aplikasi tersebut, masyarakat bisa memilih dan mengisi dokumen apa yang mereka butuhkan dan Disdukcapil memprosesnya.

Setelah berkas tersebut selesai, petugas dari Disdukcapil mengantarkannya ke kantor pos. Selanjutnya, petugas kantor pos mengantarkan ke rumah masyarakat pemohon tanpa dipungut biaya seperserpun alias gratis.

“Selama wabah Covid-19, kami mengimbau masyarakat memanfaatkan layanan pengurusan dokumen kependudukan secara online menggunakan aplikasi dukcapil digi mobile ini. Jadi, tetap di rumah saja,” katanya.

Imbauan ini dilakukannya tujuan agar masyarakat bisa membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. “Jadi, mengurusnya dari rumah saja,” imbuhnya.(rel/esg)