Nama Wapres bakal Dijadikan Nama Pantai

22
Kunjungan Wapres RI Ma'ruf Amin saat meresmikan Pasar Rakyat Kota Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Wali Kota Pariaman Genius Umar berencana memberi nama pantai di Taluak Pariaman sebagai Pantai Ma’ruf Amin. Di Pantai tersebut Wakil Presiden Ma’ruf Amin melakukan penanaman pohon pinago sebagai antisipasi mengurangi dampak bencana, Selasa (6/4).

“Iya kemarin (Selasa lalu, red) usai penanaman pohon, saya meminta izin kepada wakil presiden tentang rencana penamaan pantai di lokasi penanaman pohon pinago tersebut sebagai Pantai Ma’ruf Amin. Alhamdulillah beliau mengizinkan,” ujar Genius Umar kepada Padang Ekspres diruang kerjanya, kemarin.

Genius menyebut hal ini sebagai penghargaan kepada Ma’ruf Amin yang sudah berkunjung ke Kota Pariaman dalam berbagai rangkaian kegiatan. Termasuk peresmian Pasar Rakyat Pariaman. Lokasi pantai tersebut berada di Desa Taluak Pariaman tak jauh dari Pantai Kata Pariaman.

Pariaman sebut Genius, berada di wilayah rawan bencana gempa dan tsunami. Nah sebagai bentuk mitigasi bencana, salah satu upaya yang dilakukan adalah penanaman pohon pinago. Itu merupakan pohon khas Pariaman. Pohon ini tergolong jenis ketapang yang memang kuat dan kokoh serta hidup di pantai.

Penanaman pohon pinago juga untuk mencegah terjadinya abrasi di sepanjang pantai Pariaman. Selain itu juga penunjang pariwisata di Kota Pariaman karena pohon pinago juga menambah keasrian pesisir pantai di Pariaman.

Baca Juga:  Baznas Pariaman Distribusikan Rp 88,4 Juta Zakat Fitrah 

Saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman terus berupaya membenahi infrastruktur guna menunjang pariwisata di sepanjang pantai Pariaman. Mulai dari Pantai Belibis Pariaman Utara, Pantai Penyu Ampalu Pariaman Utara, Talao Pauh Pariaman Tengah, Pantai Gandoriah Pariaman Tengah, Pantai Cermin dan Pantai Kata Pariaman Tengah hingga Pantai Belibis Pariaman Selatan.

”Alhamdulillah dengan penerapan prokes (protokol kesehatan) di sepanjang destinasi, pantai Pariaman makin ramai dikunjungi wisatawan berbagai daerah di Sumbar. Bahkan dari provinsi tetangga,” ujarnya.

Untuk melengkapi atraksi wisata, Pemko Pariaman sebut Genius, sejak awal 2021 menghadirkan penampilan kesenian tradisional di pentas utama Pantai Kata Pariaman setiap Sabtu Sore.

Bahkan baru-baru ini juga diluncurkan pusat kuliner pintar di kawasan Rumah Tabuik Pasa Pariaman. Di kawasan tersebut puluhan UMKM menawarkan beraneka makanan mulai tradisional hingga kekinian.

Bahkan saat tiap malam minggu juga hadir mobil layanan SIM keliling dan samsat. Dengan demikian, warga yang sibuk pada hari kerja bisa mengurus perpanjangan SIM dan pajaknya pada malam minggu sembari bersantap bersama keluarga. (nia)

Previous articleHonda Dihantui Musim Buruk Lagi
Next articleRakorda Gerindra Sumbar, Andre Rosiade Ingin Semua Kader Kerja Nyata