Pemko Pariaman Sambut Baik Rencana Kerja Sama dengan STIKES Sumbar

23
Rektor STIKES Sumbar, Nurtati dan Plt Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin. (Diskominfo Pariaman)

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Sumatera Barat, Lubuk Alung Kabupaten Padangpariaman menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kota Pariaman untuk tugas belajar praktik bidan.

Rektor STIKES Sumbar, Nurtati mengatakan, kerja sama ini adalah untuk mengantisipasi agar praktik bidan tersebut tidak terputus dengan segera melakukan izin belajar dari beberapa tenaga kesehatan di lingkungan ASN Pemko Pariaman seterusnya untuk dilanjutkan pendidikannya ke STIKES Sumbar.

“STIKES Sumbar berdiri sejak tahun 2008 dulunya Akademi Kebidanan Sumbar, lalu pada tahun 2018 berubah bentuk menjadi STIKES Sumbar dengan penambahan tiga program studi yaitu S1 Farmasi, S1 Kebidanan dan Profesi Bidan dengan status Akreditasi B dari BAN-PT,” ungkapnya.

Nurtati menjelaskan, karena bidan lulusan diploma di Kota Pariaman ini sangatlah banyak, mereka berharap dapat menyandang status sebagai bidan dengan pendidikan profesi sesuai dengan peraturan pemerintah yang akan berlaku pada tahun 2025 mendatang.

Selain itu, lanjut Nurtati, setelah kampus STIE Sumbar Pariaman pihaknya juga berencana akan melakukan MoU dengan Pemko Pariaman terkait Program Satu Keluarga Satu Sarjana (SAGA SAJA) dan Satu Desa Satu Tenaga Penyuluh.

Baca Juga:  Punya Potensi Besar, Promosi Pariwisata di Pariaman Harus Gencar

“Kabar baiknya lagi, beberapa kampus yang dipimpinnya yaitu kampus STIE Sumbar Pariaman, STIKES Sumbar, STIKES Nan Tongga, insyaallah kita akan menjadikannya Universitas di Kota Pariaman. Kampus tersebut telah memenuhi prosedur dan layak untuk dijadikan sebagai universitas,” paparnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin menyambut baik rencana tersebut.

“Kita membahas berbagai program tentang pendidikan, terutama soal penguatan bidan-bidan desa sesuai dengan aturan pemerintah yang mengharuskan mereka untuk memiliki predikat S1 atau profesi bidan,” katanya.

Mardison mengapresiasi langkah STIE Sumbar Pariaman yang akan naik tingkat menjadi universitas di Kota Pariaman.

“Sesuai dengan visi dan misi Pemko Pariaman, bahwa kita ingin meningkatkan SDM agar dalam melakukan tugas, meningkatkan ilmu pengetahuannya dalam kehidupan bermasyarakat dan semakin baik dalam tatanan kehidupan ekonomi sehingga mampu mengatasi pengangguran,” jelasnya. (*)