Usulan Direspons Wapres, Wali Kota Genius Langsung Temui Wamen PUPR

106

Wali Kota Pariaman Genius Umar langsung bergerak cepat menindaklanjuti respons Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin terhadap usulan-usulan yang disampaikan ketika peresmian Pasar Rakyat Pariaman beberapa hari lalu.

Ketika itu, Wapres minta para menteri dan wakil menteri yang hadir menindaklanjuti usulan pembangunan infrastruktur yang disampaikan wali kota dan gubernur.

Lalu, hari ini (9/4/2021), Genius tiba langsung mendatangi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), di Gedung Kementerian PUPR, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Wakil Menteri PUPR RI John Wempi Wetipo di ruangan kerjanya, menyambut Genius Umar yang datang bersama Kadis BLH Perkim serta Kadis Pariwisata dan Kebudayaan.

Pertemuan dengan Wamen PUPR ini, kata Genius, tindaklanjut dari permintaan bantuan kepada Wapres untuk pembangunan Pasar Basah sebagai bagian dari Pasar Rakyat Pariaman, Pembangunan Masjid Terapung, Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Pulau, serta tambahan kawasan terpadu pantai wisata Ma’aruf Amin di lokasi penanaman pohon.

Dalam pertemuan itu, Genius juga memaparkan beberapa pembangunan infrastruktur yang dibantu Kementerian PUPR dalam beberapa tahun terakhir, seperti Pembangunan Waterfront City, 1.000 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan 1.000 Jamban untuk Keluarga Miskin serta Pasar Rakyat Kota Pariaman yang baru diresmikan Wapres.

Baca Juga:  Shalat Ied di Balaikota, Panitia Minta Masyarakat Datang lebih Awal

“Kami berharap, usulan yang kami sampaikan ini hendaknya menjadi prioritas utama Kementerian PUPR. Karena anggaran Pemko sangat terbatas, sulit bagi daerah merealisasikan pembangunan infrastruktur strategis yang memerlukan dana cukup besar, ditambah pandemi Covid-19 saat ini yang membuat anggaran di-refocusing,” tukasnya.

Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo mengatakan, sesuai permintaan dari Wali Kota Pariaman yang disampaikan saat peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman oleh Wapres Ma’ruf Amin, pihaknya telah mencatat beberapa usulan tersebut.

“Di antara usulan itu, sudah ada instruksi dari wapres. Karena itu, pada hari ini kami menyambut baik kedatangan Pak Wali untuk memaparkan usulan yang disampaikan tersebut secara teknis sehingga dapat kami tindak lanjuti,” ungkap Wamen yang ikut hadir bersama Wapres saat peresmian Pasar Rakyat Pariaman.

Selanjutnya, kata dia, usulan ini akan dibahas bersama tim dari Kementerian PUPR. “Setelah pembahasan di tim, nanti akan kami sampaikan ke pimpinan untuk pengambilan keputusan selanjutnya, sesuai dengan arahan pimpinan nantinya,” tukasnya.(bis)

Previous articleLLDIKTI Wilayah X Lakukan Uji Publik Standar Pelayanan
Next articleEkos Albar Masuk Radar Wawako Padang, Begini Tanggapan Andre Rosiade