Pemko Gelar Lomba Malingka Carano Jo Arai Pinang Tingkat SD se-Pariaman

21

Carano adalah merupakan benda warisan budaya yang melambangkan “baso Jo basi” kebaradaan Carano pada setiap prosesi adat adalah sangat penting karena Carano merupakan benda yang disungguhkan kepada kepada tamu atau pemangku adat yang melambangkan kesiapan dan ke ikhlasan tuan rumah dalam menanti tamu.

“Secara fisik Carano merupakan wadah atau tempat yang memiliki kaki seperti tabung dulang besar di pangkalnya, terbuat dari logam seperti loyang atau kuningan. Carano diisi dengan kelengkapannya seperti sirih, pinang, dan gambir, serta dulamak atau kain penutup carano,” terang Priyaldi, Sekretaris Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Pariaman, Kamis (10/3).

Melestarikan budaya adat Minangkabau, mewariskan keterampilan serta pengetahuan, bagi generasi muda tentang ciri-ciri dan makna Carano, Pemerintah Kota Pariaman bekerjasama dengan LKAAM Pariaman dan Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Pariaman Timur, yang tergabung dalam Guru Penulis Buku Bahasa dan Sastra Minangkabau se-Pariaman Timur, menggelar kegiatan “Lomba Malingka Carano Jo Arai Pinang” Tingkat SD/MI se-Kota Pariaman.

Lomba dilaksanakan pada Kamis 24 Maret 2022, di Pantai Gandoriah Pariaman. Pendaftaran sudah dimulai dari tanggal 1 s/d 18 Maret 2022.

Baca Juga:  Genius Umar Lepas 6 Orang Peserta Pelatihan ke BBPLK Semarang

Syarat-syarat peserta lomba adalah, berasal dari seluruh SD Negeri dan Swasta di Kota Pariaman. Ketentuannya; setiap sekolah diwakili 1 peserta, Peserta mengenakan pakaian adat, Membawa perlengkapan dari sekolah masing-masing, seperti Carano, Arai Pinang, Singguluang, Lapiak Lambak.

Silakan menghubungi Syahroni Anwar (0853 5566 8953), Gusniarti (0823 9299 4092), Devina Heriyanti (0813 6346 7022), Jeki Mardinus (0813 6324 2283), Yova Yoverina (0822 8587 8945). Informasi lengkapnya datangi Sekretariat Panitia di SDN 05 Air Santok Kecamatan Pariaman Timur.

Bagi peserta yang ikut lomba akan diberikan sertifikat oleh panitia, dan pemenang akan diberikan hadiah berupa Trophy dan Tabanas. (*)