Maksimalkan Potensi Wisata sampai ke Kecamatan

27
Pembentukan tim kreatif pariwisata Kota Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Sadar promosi menjadi kunci utama kesuksesan pariwisata, Pemerintah Kota Pariaman terus membentuk tim promosi pariwisata. Tiap kecamatan didorong memiliki tim kreatif.
“Pembentukan tim kreatif dilakukan per kecamatan dan saat ini yang dibentuk adalah tim kreatif dari Kecamatan Pariaman Timur,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman Dwi Marhen Yono.

Pembentukan tim yang terdiri dari tiga orang masing – masing desa di Kecamatan.
Ia menyebut, banyak sekali potensi wisata yang ada di Kota Pariaman yang belum diketahui banyak orang.

Wisata Kota Pariaman tidak hanya ada di pusat kota melainkan di pelosok desapun banyak sekali destinasi wisata yang indah dan masih asri. “Inilah salah satu tugas dari tim kreatif. Mereka cukup memposting di media sosial desa dan pribadi apa saja kegiatan di desa masing – masing yang belum diketahui orang banyak,” ujarnya.

Seperti prosesi makan bajamba, malamang, silek atau hal lainnya yang patut untuk dipublikasikan. Karena wisata tidak hanya melihat tempat – tempat yang indah namun kegiatan – kegiatan tradisional yang nyaris hilangpun adalah salah satu wisata yang bisa diangkat.

Tim kreatif merupakan sebuah tim yang dibentuk oleh Disparbud Kota Pariaman yang beranggotakan orang – orang kreatif dan mempunyai skill dalam pemasaran pariwisata. Tugasnya menggali keunikan yang ada di desa masing – masing nagari dan mempromosikannya di media sosial sehingga dikenal banyak orang.

Baca Juga:  Genius Umar: Sekolah dan Perguruan Tinggi Butuh Perpustakaan Representatif

Marhen menargetkan mempunyai tim kreatif sebanyak mungkin. Tim kreatif setiap harinya mencari dan menggali setiap keunikan yang ada di Kota Pariaman, baik potensi alam, budaya dan kuliner.

Kemudian mengolah data maupun informasi berupa tulisan lisan, gambar, maupun video untuk dapat disajikan kepada khalayak ramai dan terakhir adalah promosi, mengenalkan Pariaman lebih luas.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Eka Putra Pernanda mengapresiasi langkah tersebut. Ia mengucapkan terima kasih atas kerja sama selama ini kepada seluruh tim kreatif yang telah dibentuk. “Kegiatan ini sangat efektif sekali dilakukan untuk meningkatkan promosi Kota Pariaman. Apapun bentuk kegiatannya, kami Dinas Kominfo akan selalu mendukung tim kreatif dalam melakukan promosi,” ujarnya.

Camat Pariaman Timur M Arif Gunawan usai pembentukan tim kreatif kecamatan siap mendukung program kepariwisataan. Apa pun yang dibutuhkan tim dalam mempromosikan desa wisata, kecamatan akan selalu memberi dukungan.

Misalkan saja tim terkendala dalam paket internet, tim bisa mengupload informasi tersebut di Kantor Camat Pariaman Timur Kota Pariaman. Atau tim kehabisan bahan untuk promosi nanti bertukar pikiran bersama tim lain. “Karena promosi akan lebih baik bila dilakukan bersama-sama,” ujarnya.

Ia berharap tim kreatif Kecamatan Pariaman Timur bisa membantu Pemerintah Kota Pariaman dalam menggali potensi wisata yang ada di kecamatan.  “Semoga saja tim bisa berhasil dan wisatawan semakin banyak mengunjungi Kota Pariaman umumnya dan Kecamatan Pariaman Timur khususnya,” pungkas Arif. (nia)