Diskominfo Kota Pariaman Bimtek Pembuatan Aplikasi Layanan Masyarakat

5
Bidang E-Goverment Diskominfo Kota Pariaman, sedang melakukan diskusi tentang aplikasi yang telah disiapkan. (Foto: IST)

Untuk memudahkan masyarakat berurusan di desa, kelurahan dan kecamatan, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Pariaman memberikan bimbingan teknis (Bimtek) gratis kepada admin OPD-OPD di lingkungan Pemerintahan Kota Pariaman.

Bimtek dilaksanakan oleh Bidang E-Government (e-gov) Diskominfo 9-11 Junir 2020, di ruang rapat Sekda Kota Pariaman.

Tujuannya, untuk menerapkan elektronik Government atau System Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dalam rangka menuju Pariaman sebagai kota smart city.

Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri menjelaskan, bahwa Bidang E-Gov yang ada Diskominfo Kota Pariaman merupakan sebuah institusi, untuk membuat aplikasi guna memudahkan masyarakat dari segi pelayanan maupun dari segi pemerintahan.

“Sekarang kita sedang mengembangkan tiga aplikasi di bidang E-Gov untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat, sekaligus untuk membantu program pemerintah dan program kesehatan dalam mengurangi penyebaran Covid-19,” ungkap Hendri.

Ada tiga aplikasi yang sudah diberikan kepada masing-masing admin dari OPD yang membutuhkan layanan yaitu aplikasi SIPAMAN (Sistem Aplikasi Pariwisata Kota Pariaman), aplikasi SIDATUK (Sistem Informasi Data Terpadu Kemiskinan), dan aplikasi SIPADEH (Sistem Informasi Pengelolaan Administrasi Desa dan Kelurahan) serta SIKATAN (Sistem Informasi Desa Kelurahan Tingkat Kecamatan).

“Masing-masing aplikasi ini kami ajarkan kepada admin dari OPD terkait untuk diimplementasikan kepada masyarakat yang nantinya akan berurusan dengan mereka,” jelas Hendri.

Peserta SIPAMAN adalah OPD terkait dalam hal ini Dinas Pariwisata, SIDATUK dari Dinas Sosial, SIPADEH dan SIKATAN penggunanya adalah masyarakat tapi adminnya sendiri adalah staf di kantor desa kelurahan dan kantor camat.

Hendri berharap, setelah bimtek ini berarti tugas dari Diskominfo sudah selesai untuk membangun aplikasi tersebut, dan berikutnya itu adalah tugas dari OPD terkait yang akan mengimplementasikan aplikasi tersebut. (*)