Hadiri Ritual Ratik Tolak Bala, Ini Harapan Genius Umar

12

Siang menjelang sore, Wako Pariaman Genius Umar bersama Wawako Mardison Mahyuddin dan Ketua DPRD Pariaman Fitri Nora, menghadiri ritual ratik tolak bala. Sebuah ritual yang dilakukan oleh warga Desa Taluk, Kecamatan Pariaman Selatan, untuk meminta keselamatan saat melaut dan kelancaran rezeki kepada Allah SWT, Kamis sore (10/12).

“Kami mengapresiasi warga Desa Taluk yang tetap mempertahankan budaya lokal setempat dengan menggelar ratik tolak bala, dimana kegiatan ini bukan hanya untuk doa keselamatan saja, tetapi bisa dirangkai dengan kegiatan yang bisa mendatangkan pengunjung dan wisatawan,” ujarnya.

Genius menambahkan selama 4 hari kegiatan ratik tulak bala, Desa Taluk membuat rangkaian acara yang menarik, mulai masak bersama dilanjutkan makan bersama, penanaman pohon, zikir bersama, pawai obor dan lomba pacu biduak robin.

Pacu Biduak Robin merupakan kegiatan yang diikuti oleh nelayan di sepanjang pesisir pantai Kota Pariaman, bukan hanya nelayan Desa Taluk saja, sehingga kita berharap kegiatan ini dapat menarik kunjungan orang ke Kota Pariaman,” ungkapnya.

Baca Juga:  Pemko Pariaman Matangkan Rencana Strategis Pengembangan Kawasan Terpadu

Dirinya juga meminta kekompakan warga terus dipertahankan, karena membangun daerah tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah saja, tetapi juga andil masyarakat. “Semoga semangat kebersamaan dan gotong royong yang telah kita giatkan selama ini, dapat menjadikan Kota Pariaman kita yang tercinta ini, menjadi lebih maju dan masyarakat dapat terjamin kesejahteraannya,” tukasnya.

Genius berharap, agar kegiatan ini dapat terus dipertahankan dan menjadi agenda rutin setiap tahun oleh Desa Taluk, apalagi dengan telah dilengkapi taman di sekitar pantai taluk ini yang dibangun dengan menggunakan dana desa, sehingga menambah asri dan indah Desa Taluk.

Acara ini juga dihadiri GM PLN Sumbar Toni Wahyu Wibowo untuk menyerahkan Corporate Social Responsibility (CSR) kepada Kota Pariaman. (*)