Wako Pariaman Apresiasi Peternak Ikan Gunakan Sistem Bioflok

Walikota Pariaman, Genius Umar melihat ternak ikan di kawasan Desa Air Santok, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, Minggu (12/4). (Foto: IST)

Usaha peternakan ikan merupakan salah satu peluang usaha yang bisa dijalankan dengan mudah. Selain kebutuhan pasarnya yang besar, peternakan ikan juga tidak membutuhkan modal yang besar.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Pariaman, Genius Umar, saat menyaksikan petani peternak ikan di kawasan Desa Air Santok, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, Minggu (12/4).

Petani peternak yang melakukan panen ikan dengan sistem bioflok ini merupakan binaan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman. Genius sangat mengapresiasi pengembangan peternakan ikan oleh kelompok-kelompok masyarakat dan perorangan ini.

“Karena program ini merupakan program yang harus didukung guna mendukung ketahanan pangan, pemenuhan konsumsi dan asupan gizi yang berimbang yang bersumber dari ikan,” jelas Genius saat didampingi Kepala Dinas Pertanian, Pangan Dan Perikanan Kota Pariaman, Dasril dan Kadis Kominfo Kota Pariaman, Hendri.

Genius mengatakan, walaupun kolamnya kecil, menggunakan terpal yang disebut dengan istilah sistem bioflok, namun hasilnya per kolam mampu menghasilkan lebih dari seribu ekor ikan.

“Hal ini sangat efisien dan efektif sekali untuk peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah pedesaan, sehingga mampu mendongkrak pendapatannya dalam pemenuhan kebutuhan keluarga,” pungkasnya. (*)