Wako Pariaman Dukung Sektor Perikanan dan Pertanian

Walikota Pariaman Genius Umar melepas benih ikan dan ikut mamanen padi. (Foto: IST)

Walikota Pariaman, Genius Umar melakukan pelepasan bibit ikan di Desa Air Santok, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, Minggu (12/4). Wako mengatakan, penebaran benih ikan tersebut dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan gizi masyarakat dalam upaya mendukung kegiatan peningkatan gizi dalam program ayo makan ikan.

“Penebaran benih ikan ini bagian dari Pemko Pariaman dalam meningkatkan gizi masyarakat, dengan harapan dapat meningkatkan jumlah hasil tangkapan untuk konsumsi bagi masyarakat sehingga bernilai ekonomi untuk pemenuhan kebutuhan bagi para petani ikan,” ungkap Wako didampingi Kepala Dinas Pertanian, Pangan Dan Perikanan, Dasril dan Kadis Kominfo Kota Pariaman Hendri.

Usai pelepasan bibit ikan, Wako kemudian meninjau aktivitas masyarakat yang tengah memanen padi. Secara spontan, Genius pun mencoba memanen padi.

Genius menyatakan ketersediaan pangan berupa beras di Kota Pariaman cukup aman untuk beberapa bulan kedepan. Setiap tahun produksi beras di Kota Pariaman selalu surplus. Dari total penduduk Kota Pariaman yang berjumlah 93 ribu jiwa, kurang lebih beras konsumsi adalah sekitar 98 kilogram per jiwa.

Dikatakannya, dari luas sawah di Kota Pariaman 1785 hektare, jumlah produksi gabah kering panen (GKP) tahun 2019 sekitar 24.021 ton, gabah kering giling (GKG) 20.663 ton dan beras sekitar 13.228 ton.

Pada situasi pendemi Covid-19 saat ini, kata Genius, pihaknya selalu melakukan penyuluhan kepada masyarakat untuk tetap menggarap sawahnya sesuai dengan musim tanam yang turun. “Kita selalu memacu agar petani langsung mengolah sawahnya untuk tanam padi,” jelasnya.

Sementara itu, katanya lagi, untuk ketersedian pupuk bersubsidi cukup sampai bulan Agustus hingga September. Kemudian untuk bibit dan benih juga mencukupi dan bahkan kita bisa menjualnya keluar daerah. (*)