1.224 Siswa SD-SMP di Kota Pariaman Terima Dana KPP

13
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman Hendri, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahrga Kota Pariaman Kanderi dan Pimpinan Kantor Cabang Pariaman (KCP) BNI Pariaman, Defitrial rapat vidcon. (Foto: IST)

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman, Hendri, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahrga Kota Pariaman, Kanderi dan Pimpinan Kantor Cabang Pariaman (KCP) BNI Pariaman, Defitrial melakukan rapat koordinasi melalui video conference (vidcon) dengan BNI Pusat bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kota Pariaman, Kamis (11/6/2020).

Kadis Kominfo Pariaman, Hendri mengatakan, sebelumnya telah ditandatangani kerjasama antara Pemko Pariaman dengan BNI di Jakarta pada bulan Desember 2019 lalu.

“Dalam kerjasama tersebut salah satunya yakni dibidang smart city. Smart city ini dimana kemajuan teknologi yang bisa dimanfaatkan disegala bidang pelayanan, sosial serta pendidikan,” ungkapnya.

Pada vidcon tersebut membahas tentang pendidikan melalui Kartu Pariaman Pintar (KPP). Kedepan, siswa-siswa yang ada di Kota Pariaman dari SD hingga SMP akan diberi bantuan dan penyalurannya sendiri melalui KPP bekerjasama dengan BNI.

“Pihak BNI telah mengkaji bagaimana prosesnya dan bisa diterapkan di Kota Pariaman karena dananya sudah ada, serta murid yang dibantupun dan aplikasinya pun juga sudah ada,” jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan, sebanyak 1.224 orang siswa SD dan SMP akan diberikan bantuan melalui KPP ini. Dengan besaran Rp 900 ribu untuk SD sedangkan untuk SMP sebanyak Rp 1,2 juta.

“Untuk penyaluran dana tersebut 60 persen berupa uang yakni uang saku dan uang pendidikan sedangkan 40 persen berupa peralatan sekolah yang akan diberikan setiap tahun kepada siswa yang menerima,” paparnya.

Disamping itu, katanya, KPP juga bisa dikembangkan menjadi kartu absensi, kartu pelayanan, kartu pelayanan kesehatan, kartu pelayanan perizinan. “Sedangkan untuk teknisnya sendiri, nantinya pihak BNI akan melakukan pertemuan selanjutnya,” pungkasnya. (*)