Penataan Perlintasan Sebidang, Mardison Mahyuddin Rakor dengan Kemenhub RI

11

Peningkatan dan Penataan Perlintasan Sebidang di Sumatera Barat, Direktorat Keselamatan Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI, menggelar Rapat Koordinasi dengan Kepala Daerah, Kadis Perhubungan dan Stakeholder terkait, yang dilewati jalur Kereta Api, yaitu Kota Padang, Kota Pariaman, dan Kabupaten Padangpariaman.

Hadir Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Kadis Perhubungan Yandrileza dan Kapolsek Pariaman AKBP Edi Karan Prianto, di Hotel Truntum Padang, Selasa (12/10).

Rakor dibuka Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Heri Nofiardi. Narasumber antara lain dari Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatera Bagian Barat, Kadivre II PT KAI Sumatera Barat, Kadis Perhubungan Kabupaten/Kota serta Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI, dan KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) secara virtual.

“Kita berharap persolaan perlintasan tanah sebidang yang dilalui operasional kereta api, dapat kita pahami bersama,” ujar Mardison.
Rakor ini sangat penting untuk daerah dalam memahami Undang-undang dan aturan yang ada, mengenai perlintasan sebidang, serta perlunya kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan ketika melewati jalur kereta api.

Baca Juga:  Manabang Batang Pisang, Prosesi Kedua Rangkaian Hoyak Tabuik Budaya Piaman

“Kita juga mengharapkan kepada Kementerian Perhubungan untuk melengkapi sarana dan prasarana pendukung keselamatan yang ada di jalur perlintasan sebidang, sehingga pemerintah benar-benar hadir untuk memenuhi keselamatan para pengguna jalan dan masyarakat sekitar,” tukasnya.

Terkhusus untuk Kota Pariaman, Mardison meminta agar segera ditempatkan penjaga pintu perlintasan yang di beberapa pos yang sudah dibangun oleh KAI, sehingga portal dan pos penjagaan yang dibangun tersebut dapat segera difungsikan. (*)