Genius Umar: Jika tak Berperan, Lembaga Dubalang Terancam Tutup

Wali Kota Pariaman Genius Umar, menjadi pembina apel gabungan Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Wali Kota Pariaman Genius Umar menyebut akan menutup lembaga dubalang jika tidak berperan di masyarakat. Peran dubalang sebagai paga desa harus berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Genius Umar menyampaikan dubalang merupakan suatu lembaga tradisional dalam sistem sosial masyarakat Minangkabau. Bertugas sebagai penegak dan penjaga keamanan dan ketenteraman masyarakat di tingkat desa yang ada di Minangkabau.

Peran dubalang sebagai paga desa harus berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Di Pariaman dubalang ini sebagai perpanjang tangan Satpol PP dalam penegakan perda di Kota Pariaman. Penganggarannya bersumber pada APBN dan APBDes. ”Jika lembaga desa ini tidak efektif di tengah-tengah masyarakat maka saya tidak akan ragu-ragu untuk menutupnya karena tidak ada gunanya,”ujar Genius.

Untuk itu, ia sengaja mengumpulkan seluruh dubalang yang ada di Kota Pariaman guna mengetahui keberadaannya. Apakah memang ada di desa atau tidak. Genius meminta kepada Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran untuk mengadakan apel gabungan, yang bukan hanya diikuti oleh dubalang saja. Tapi juga seluruh anggota Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman.

Baca Juga:  Pengurus FKUB Dikukuhkan, Maswar: FKUB Siap Dukung Program Pemko

Genius minta kepada Satpol PP, DPMDes, dan camat memberikan pembinaan kepada para dubalang agar mereka mengetahui apa tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukannya di desa mereka masing-masing. Sekaligus mengevaluasi kinerja yang sudah dilakukan dubalang di desa.

Ia mengingatkan dubalang untuk menjalin kerja sama dengan Babinsa, Babinkantibmas, di desa masing-masing agar Kota Pariaman akan semakin terjaga keamanan dan ketertibannya. Genius mengajak bersama-sama membangun Kota Pariaman ini, agar tercipta keamanan, ketertiban, dan kenyamanan dengan cara mengaktifkan kembali dubalang yang ada di Kota Pariaman.

Supaya peran dubalang dalam menjaga perilaku menyimpang di tengah masyarakat bisa teratasi. Sebanyak 275 orang personel Satlinmas atau dubalang yang ada di Kota Pariaman mengikuti apel gabungan yang digelar oleh Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman, Rabu (13/1) bertempat di area parkir Pantai Kata Kota Pariaman.

Hadir sebagai pembina apel Wali Kota Pariaman Genius Umar, didampingi oleh Kasatpol PP Elvis Chandra, Kadis DPMDes Kota Pariaman Afwandi, Kadis Parbud Kota Pariaman Dwi Marhen Yono, dan camat se-Kota Pariaman. (nia)