Genius Sampaikan 5 Pembangunan Mendesak

17
Wali kota Pariaman Genius Umar bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan untuk menyampaikan lima usulan pembangunan di Kota Pariaman. (IST)

Wali Kota Pariaman Genius Umar terus melakukan pendekatan kepada sejumlah menteri terkait rencana pembangunan infrastruktur di daerah tersebut. Sebelumnya Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin meminta sejumlah menteri untuk menindaklanjuti permohonan Genius Umar tentang permintaan pembangunan sejumlah infrastruktur.

Hal itu diungkapkan Wapres RI saat peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman, beberapa waktu lalu. Hal ini dibuktikan Genius dalam agenda resmi bersama Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono di Gedung Mina Bahari Jl. Medan Merdeka Timur No. 16 Jakarta Pusat yang difasilitasi anggota Komisi VI DPR RI, Andre Rosiade usai bertemu dengan sejumlah kepala daerah se-Provinsi Sumatera Barat.

Genius Umar menyampaikan lima proposal usulan permintaan pembangunan yang mendesak dilakukan Pembangunan Pasar Ikan Karan Aur, Pusat Kuliner Talao Pauh, Desa Wisata (Dewi) Bahari, Dermaga Apung Pulau Ujung dan Penanggulangi Abrasi Pantai Pulau Angso Duo.

Sebagai tindak lanjutnya, sambung Genius, ia juga sudah sampaikan ke Kementerian PUPR terkait proposal pembangunan, pembangunan Pasar Basah yang merupakan bagian dari Pasar Pariaman, pembangunan Masjid Terapung hingga Pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Pulau ke Mentawai.

Genius juga mengungkapkan rencana pembangunan  menyangkut wilayah pesisir pantai  seperti Desa Wisata (Dewi) Bahari. Dermaga Apung Pulau Ujung dan Penanggulangi Abrasi Pantai Pulau Angso Duo serta Pembangunan Pasar Ikan Karan Aur, Pusat Kuliner Talao Pauh kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Sakti Wahyu Trenggono.

Baca Juga:  Prokes Ketat, Pemko Pariaman Rencanakan Shalat Ied di Balaikota

Tak hanya itu, dalam pertemuan dengan Menteri KKP, juga dibahas mengenai sinergi dan kolaborasi potensi bahari Sumbar serta menggali potensi perikanan laut dan perikanan tawar untuk menunjang pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi.

Sedangkan untuk kelautan dan perikanan secara maju dan modern, Genius juga sampaikan empat program andalan Kota Pariaman yang telah mulai ia kembangkan, yakni DEWI (Desa Wisata), DEDI (Desa Digital) dan DERI (Desa Bahari) meliputi Desa Apar, Desa Pauh Barat, Desa Taluak dan Desa Marunggi yang kesemua desa tersebut berada di pinggir pantai.

Tentunya warga Pariaman sebut Genius menerim semua usulan pembangunan Kota Pariaman yang kita ajukan ke Pemerintah Pusat ini dapat segera terealisasi dengan cepat.
Kunjungan tersebut disambut baik Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono yang ingin mengembangkan sektor kelautan dan perikanan di daerah.

Trenggono menyatakan siap memberi dukungan sarana dan prasarana untuk mendorong produktivitas daerah dalam tata kelola kelautan dan perikanan. Ia tersebut juga berpesan, setiap kegiatan usaha yang akan dibangun harus berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan tidak mengancam keberlanjutan ekosistem.(nia)

Previous articleGanja Asal Sumut Dipasok ke Sumbar, Dua Kurir-20 Kg Ganja Diamankan
Next articleKinerja PT BPR Guguk Mas Makmur, Asset Tumbuh, Laba jadi Rp 1,06 M