Manfaatkan Lahan Telantar, Wako Panen Jagung Nusantara

Walikota Pariaman panen jagung Nusantara. (IST)

Walikota Pariaman, Genius Umar, secara langsung melakukan Panen Raya Jagung Nusantara seluas 1 hektare (ha) lahan jagung yang terletak di Kelurahan Jalan baru, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman, dengan bantuan bibit melalui Dinas Pertanian dan Perikanan, Selasa (14/07/2020).

Lahan yang ditanami jagung tersebut, sebelumnya merupakan lahan terlantar, namun di awal mewabahnya Covid-19, membuat Syamsul Amri melalui binaan kelompok tani Mitra Tani Kelurahan Jalan Baru memanfaatkan lahan terlantar ini untuk ditanami jagung untuk makanan ayam, dimana sebelumnya ia merupakan seorang kuli bangunan.

Hal tersebut, mendapat dukungan dari Lurah Kelurahan Jalan baru dengan dipelopori Bhabinkamtibmas Polres Pariaman dan Babinsa Kodim 0308 Pariaman serta pengawasan melalui Dinas Pertanian dan Perikanan, sehingga Syaiful Amri sukses menanam jagung hingga saat ini sudah siap untuk dipanen.

Usai memanen jagung, Wako Genius Umar, sampaikan apresiasinya atas upaya yang dilakukan petani ini melalui kelompok tani dan binaan lurah dan dinas terkait secara bersama yang dipelopori Bhabinkamtibmas dan Babinsa tersebut, sehingga mampu menghasilkan pertumbuhan nilai ekonomi baru ditengah-tengah masyarakat Kota Pariaman.

“Kita saat ini berada dalam bencana wabah dunia covid-19, yang mengakibatkan ekonomi menurun, produksi pertanian menurun, yang disebabkan daya konsumsi yang juga menurun, seperti jagung untuk makanan pokok ayam ini, diakibatkan permintaan distributor untuk ayam ini berkurang, maka harga bahan pokok makanan ayam ini juga berkurang,” ujar Genius.

Sebut saja, sambung Genius lagi, seperti penjualan makanan yang bahan pokoknya ayam siap saji, yang jauh menurun permintaannya, karena tokonya tutup. Namun, jangan hal itu mematahkan semangat dari para petani karena sekarang semua aktivitas sudah mulai dilakukan normal namun tetap mematuhi protokol Covid-19.

“Semoga, dengan telah dimulainya kembali tatanan hidup normal baru, maka InshaAllah nilai jual dari jagung ini sendiri akan meningkat kembali, dan tetap semangat untuk bertani,” imbuh Genius.

Bercermin dari upaya oleh petani melalui dukungan dari pihak kelurahan seperti di Kelurahan Jalan Baru ini, Genius menghimbau kapada setiap lurah/kepala desa harus membuat terobosan inovasi dalam upaya peningkatan ketahanan pangan masyarakat di wilayah yang dipimpinnya dalam upaya peningkatan nilai ekonomi masyarakat.

Genius juga ajak seluruh unsur di Pemerintahan Kota Pariaman, bersinergi bersama Polres, Kodim 0308, Forkopimda, hingga pemerintahan desa/kelurahan melalui leading sektor Dinas Pertanian yang secara nasional diharapkan pemerintah pusat untuk membantu masyarakat menghadapi bencana Covid-19.

“Dengan salah-satunya yakni peningkatan produksi pangan, ketika produksi pangan meningkat, maka kebutuhan pangan masyarakat bisa tercukupi yang itulah kita sebut dengan ketahanan pangan,” tutur Genius.

Pemko Pariaman, melalui kementerian terkait juga telah mengajukan permintaan bantuan untuk memback-up Kota Pariaman dari segi ketahanan pangan.

Hadir juga dalam panen raya tersebut, unsur Polsek Pariaman, unsur Kodim 0308 Pariaman, jajaran kecamatan Pariaman Tengah, lurah/kepala desa se-Pariaman tengah. (*)