Wawako Imbau Manfaatkan Pekarangan untuk Ketahanan Pangan

28
Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin melakukan panen perdana tanaman hidroponik di Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelurahan Jati Hilir, Kota Pariaman, Kamis (13/08/2020). (Diskominfo Pariaman)

Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin melakukan panen perdana tanaman hidroponik di Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelurahan Jati Hilir, Kota Pariaman, Kamis (13/08/2020).

Pengembangan tanaman hidroponik, seperti sayur kangkung, sawi dan bayam yang dilakukan KWT ini merupakan binaan Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman. Ini ditujukan dalam rangka pemanfaatan lahan perkarangan dan lahan tidur untuk peningkatan ekonomi dan pendapatan masyarakat Kota Pariaman.

“Selain tanaman hidroponik, KWT ini juga dibantu dengan bibit kacang panjang, cabe, rawit, terung, tomat, jagung manis, kangkung, bayam dan cabe kriting. Sedangkan tanaman buah yang diberikan yakni nangka mini, jeruk madu, lengkeng, jambu kristal dan jambu madu,“ jelas Mardison.

Menurut Mardison, jenis tanaman yang diberikan cukup lengkap untuk menunjang ketahanan pangan dan perkonomian keluarga, yang dimulai dari sektor kecil individu, keluarga, hingga tingkat daerah. “Kita berharap program dari KWT ini bisa berkembang terutama dimasa pandemi ini,” ujar Wawako.

Mardison menjelaskan, budidaya hidroponik sayur dan buah merupakan langkah konkret dari upaya membangun ketahanan pangan. Kegiatan tersebut menjadi tempat pemberdayaan perempuan dalam menyediakan sumber pangan bergizi.

Baca Juga:  Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Pariaman Sudah Akreditasi B

“Saya berharap program tersebut terus dijalankan oleh masyarakat sehingga mampu terwujudnya ketahanan pangan di Kota Pariaman,” tandas Mardison. (*)