MDTA, TPQ dan Ponpes Terima BOP

Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin menyerahkan secara simbolis BOP kepada pontren, MDTA dan TPQ di Kota Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Anggota Komisi VIII DPR RI, John Kennedy Azis menyerahkan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) kepada Pondok Pesantren, MDTA dan TPQ yang ada di Kota Pariaman. Bantuan yang diserahkan asistennya tersebut langsung diterima oleh Wakil Wali Kota Pariaman, Mardison Mahyuddin bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Sabtu (12/9).

BOP berupa uang tunai masing-masing sebesar Rp 10 juta diberikan untuk 43 MDTA dan 2 TPQ, kemudian Rp 25 juta diberikan masing-masing untuk 4 ponpes yang ada di Kota Pariaman.

Mardison Mahyuddin menjelaskan, bantuan diserahkan secara bertahap. Tahap pertama pencairannya sampai 20 September 2020, tahap kedua bulan Desember dan tahap ketiga Januari-Februari.

Mardison berharap peluang-peluang yang ada di pusat agar bisa disalurkan ke Kota Pariaman.  Mantan Ketua DPRD Kota Pariaman dua periode itu juga berpesan, agar guru dapat menjadi tauladan bagi santrinya di yayasan yang mereka bina.

Perlunya menanamkan ilmu pengetahuan teknologi (iptek) diimbangi dengan iman dan taqwa (imtaq). Karena peran guru sangat penting dalam membentuk karakter anak.
Kehadiran MDTA, ponpes dan TPQ ini diharapkan dapat mendidik anak untuk mengisi ilmu agama kedalam jiwa anak-anak. Di samping itu, pengurus MDTA, ponpes dan TPQ juga harus meningkatkan SDM tenaga pengajarnya dan menyesuaikan sistem sekarang.

Baca Juga:  Taat Pajak, 5 Desa Dapat Penghargaan

Kapan perlu dalam situasi pandemi anak-anak tetap belajar dengan sistem daring.
Wawako juga mengimbau masyarakat tetaplah disiplin terhadap protokol kesehatan. ”Jangan lagi menganggap virus ini adalah politis, karena kurang lebih 115 orang masyarakat kita yang terkena Covid-19  sampai saat ini,” jelasnya.

Terlebih dengan adanya peraturan daerah yang sudah disahkan oleh DPRD Sumbar tentang sanksi bagi pelanggar protokol Covid-19, sanksinya tidak main-main denda bahkan penjara.

Sementara itu, John Kennedy Azis diwakilkan oleh Staf Ahli, Asmadi mengatakan, bantuan yang disalurkan berkat peran Pemerintah Kota Pariaman. Asmadi mengatakan, bagi yayasan yang belum mendapat dan terdata silakan cek kembali data statistik MDTA, ponpes dan TPQ mungkin belum diupdate. (nia)