Pariaman Raih Opini WTP Ketujuh Kalinya

Walikota Pariaman, Genius Umar. (Foto: Dok. Diskominfo)

Untuk ketujuh kalinya Pemko Pariaman raih opini (Wajar Tanpa Pengecualian) WTP. Opini WTP ini menggambarkan akuntabilitas kinerja dalam laporan keuangan dan hasil kerja yang baik aparatur Pemko Pariaman.

Wali Kota Pariaman Genius Umar secara langsung menerima penghargaan tersebut yang diserahkan langsung oleh Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Yusnadewi, di ruang pertemuan Kantor BPK RI Perwakilan Sumbar di Padang, Jumat (15/5).

Saat menerima penghargaan tersebut, Wako Genius juga didampingi Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora, Inspektur Kota Pariaman Yota Balad, Kepala BKD Buyung Lapau, Kepala Diskominfo Hendri. Genius Umar mengungkan terimakasihnya kepada jajaran Pemerintahan Kota Pariaman, dan stakeholders terkait yang telah menyampaikan laporan keuanganya secara baik, akuntabel dan transparan.

”Alhamdulillah, untuk ketujuh kalinya, Pemko Pariaman kembali raih Opini WTP terkait laporan keuangan tahun 2019, serta memohon dukungan terus dari warga Kota Pariaman untuk sukses membangun Kota Pariaman ke arah yang lebih baik lagi,” ujar Genius.

Genius menyebut raihan opini WTP ini menggambarkan akuntabilitas kinerja dalam laporan keuangan dan hasil kerja yang baik aparatur Pemko Pariaman.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPK RI Wilayah Sumatera Barat, Yusnadewi, menuturkan, berdasarkan pemeriksaan yang telah dilakukan BPK atas LKPD Kota Pariaman tahun anggaran 2019. Termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Pariaman, maka BPK memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian atas LKPD Kota Pariaman 2019.

Ia mengapresiasi langkah cepat Pemerintah Kota Pariaman telah menyampaikan laporan keuangan pada 3 Maret 2020. Laporan keuangan ini telah diserahkan lebih cepat dari waktu yang ditentukan BPK. Namun, sambung Yusnadewi, dikarenakan kondisi pandemic Covid-19, maka saat ini penyerahan LHP baru dapat dilaksanakan hari ini. (nia)