Desa Sikabu Pariaman Selatan jadi Kampung Bebas Narkoba

15
Wako Pariaman Genius Umar, Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksmana, Wakil Ketua DPRD Mulyadi, Danramil dan Kades berfoto dengan latar Kampung Bebas Narkoba. (Foto: IST)

Usai pencanangan Desa Sikabu, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman sebagai Kampung Tangguh Nusantara, Selasa (16/6/2020), Wali Kota Pariaman Genius Umar memberikan apresiasi kepada Kepala Desa Sikabu, Syamsuhardi beserta perangkatnya.

Apresiasi ini disampaikan Genius Umar, karena Desa Sikabu telah mampu melakukan upaya penanganan Covid-19 sesuai protokoler kesehatan.

“Ditambah lagi binaan dari Polres Pariaman, sehingga makin memantapkan protap penanganan dan penanggulangan Covid-19. Seperti adanya posko siaga pemantauan perantau yang pulang kampung, gedung isolasi mandiri bagi para perantau yang pulang kampung, tenaga relawan Covid desa dan tenaga kesehatan dilengkapi alat pendeteksi suhu,” ungkap Wako.

Kepala Desa Sikabu, Syamsuhardi, menuturkan, tim relawan Covid-19 Desa Sikabu yang standby di posko secara sigap melakukan penanganan dan pencegahan Covid-19.

“Seperti melakukan penyemprotan disinfektan pada sarana-sarana umum dan rumah penduduk, serta apabila ada warga yang baru datang dari luar daerah segera dilakukan cek kesehatan dan karantina mandiri di ruangan yang telah kita sediakan di sebelah kantor desa,” paparnya.

Selain itu, katanya, didirikannya posko sigap Covid-19 ini untuk antisipasi penyebaran virus korona agar tidak menular di Desa Sikabu dan Kota Pariaman umumnya. “Kegiatan posko setiap harinya melakukan pendataan dan pengecekan warga dari luar kota atau daerah zona merah,” jelasnya.

Ia menegaskan, pihak desa, selalu menghimbau kepada masyarakat melalui kepala dusun yang ada dan dubalang desa, jika ada keluarga yang baru datang dari luar daerah zona merah agar melakukan karantina selama 14 hari di tempat yang telah disiapkan.

Katanya lagi, tak hanya mengantisipasi wabah korona saja, dari segi keamanan, ketertiban umum, dan ketenteraman masyarakat juga menjadi prioritas utama Desa Sikabu.

“Jika ada hal-hal yang dicurigai yang mengindikasikan kejahatan, termasuk penggunaan narkoba, kita langsung lakukan koordinasi dengan personel Bhabinkamtibmas Polres Pariaman yang telah ditunjuk membina desa kami untuk dilakukan langkah selanjutnya,” tuturnya.

Sehingga, katanya, dicetuskanlah secara bersama-sama dengan masyarakat bahwa Desa Sikabu sebagai kampung bebas narkoba dengan selalu menjalin kerjasama dengan semua unsur lapisan masyarakat desa yang meliputi alim ulama, cadiak pandai, niniak mamak dan bundo kanduang. (*)