Gejala Batuk, 3 Warga Pariaman jadi ODP

23
Ilustrasi virus korona. (Foto: IST)

Pencegahan penyebaran Covid-19 masif dilakukan oleh pemerintah kabupaten dan kota di Sumbar.

Kemarin (15/6/2020), sebanyak 20 tenaga kesehatan di Puskesmas Pariaman menjalani pengambilan swab. Sementara itu tiga orang warga Pariaman yang pulang bepergian dari Kota Padang ditetapkan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Pengambilan swab dilakukan karena selama ini tenaga kesehatan berada dalam layanan terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi warga Pariaman.

“Pengambilan swab ini akan terus dilakukan secara bertahap untuk seluruh tenaga kesehatan di puskemas termasuk bidan desa,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Syahrul kepada Padang Ekspres kemarin (15/6/2020).

Ia menyebut setelah Puskesmas Pariaman, hari ini (16/6) akan dilakukan pengambilan swab bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Naras. Ada 4 puskemas di Kota Pariaman dan 1 RSUD Sadikin Kota Pariaman.

Katanya, tenaga kesehatan merupakan orang dengan risiko terpapar cukup tinggi. Sebab setiap hari memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. “Tentunya kita semua berharap tidak ada yang positif tenaga kesehatan ini,” ujarnya.

Sementara itu sempat nol kasus, nol ODP, PDP dan OTG selama beberapa hari terakhir, saat ini Dinkes Pariaman menetapkan 3 orang sebagai ODP. Ketiganya berdomisili di Kecamatan Pariaman Utara dan baru pulang dari Padang.

Ketiga ODP mengalami gejala batuk flu ringan dan telah dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing dan dalam pengawasan tenaga kesehatan puskesmas. (nia)