Sebelum Dibuka, Pulau Angso Duo Mulai Dibersihkan

20
Wako Genius Umar bersama stakeholder lainnya membersihkan Pulau Angso Duo yang rencananya bakal dibuka kembali. (Foto: IST)

Sepekan diberlakukannya transisi tatanan normal baru atau new normal, Pemerintah Kota Pariaman mengadakan gotong-royong di Pulau Angso Duo bersama instansi vertikal seperti Kodim 0308 Pariaman, Polres Pariaman dan Kwartir Cabang 16 (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pariaman serta Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pariaman.

Aksi goro dipimpin langsung Walikota Pariaman Genius Umar dan Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar) TNI AL Lantamal II Padang, Mayor Laut PM R.Gunawan.

“Hari ini, hari kedua kita melaksanakan goro bersama di Pulau Angso Duo Pariaman sebelum dibukanya kembali akses wisata ke pulau yang sudah menjadi destinasi wisata unggulan Kota Pariaman ini,” ungkap Genius Umar, Senin (15/6/2020).

Pemerintah Kota Pariaman bersama jajaran forkopimda didukung juga oleh organisasi Kwarcab 16 Gerakan Pramuka Kota Pariaman dan PMI Kota Pariaman bersinergi membenahi pulau yang sudah tiga bulan terbengkalai akibat pandemi Covid-19.

“Memang kita belum membuka akses wisata ke pulau ini, tapi menjelang itu kita benahi dulu dan nanti akan kita umumkan kapan dibuka kembali,” jelas Wako.

Wako menuturkan, Pulau Angso Duo Pariaman merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Kota Pariaman yang sangat diminati wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Sebelum adanya pandemi Covid-19 ini, diperkirakan sekitar 2.000 wisatawan berkunjung ke Pulau Angso Duo setiap harinya. Momen tersebut biasanya terjadi saat libur Lebaran,” paparnya.

Ia mengimbau, pedagang yang berjualan disekitar pulau agar selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Di masa new normal ini, kata Wako, pedagang wajib mematuhi protokol kesehatan yang ada seperti menyediakan tempat cuci tangan, menggunakan masker dan rajin mencuci tangan. (*)