Perwako Tegas! Berhentikan Sementara ASN tak Mau Divaksin

4

Vaksinasi Covid-19 menyasar desa. Untuk itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar bersama Dandim 0308 Pariaman Letkol Czi Titan Jatmiko dan Kapolres Pariaman AKBP Deny Rendra Laksamana menggelar rakor di Hotel Safari inn, Pantai Kata, Desa Taluak, Sabtu sore (17/7/2021).

Rakor vaksinasi dihadiri semua kepala desa dan Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) dari Kecamatan Pariaman Selatan.

“Rakor ini membahas percepatan sosialisasi dan vaksinasi di tingkat desa,” ujar Genius.

Dari empat kecamatan di Kota Pariaman, Kecamatan Pariaman Selatan sangat rendah angka warganya yang ikut vaksinasi. Bahkan ada desa yang belum ada sama sekali masyarakatnya yang ikut vaksinasi Covid-19.

Karena itu, setelah menggelar rapat bersama forkopimda dan kepala OPD terkait penerapan PPKM Darurat di Kota Pariaman yang akan dimulai besok, Genius langsung menginstruksikan menggelar rapat bersama kepala desa dan Bhabinkamtibmas Kecamatan Pariaman Selatan.

“Kita berharap seluruh masyarakat Kota Pariaman, mulai dari desa, kelurahan, kecamatan sampai tingkat kota gencar sosialisasi vaksinasi yang telah digagas pemerintah dan wajib diikuti,” tuturnya.

Baca Juga:  Irigasi dan Drainase Alami Pendangkalan, Genius Umar Ajak Warga Goro

Genius juga mengambil sikap tegas kepada para ASN dan Non-ASN di Pemko Pariaman hingga tingkat desa dan kelurahan.

“Kita juga menginginkan agar seluruh perangkat desa harus sudah divaksin. Bagaimana masyarakatnya mau divaksin jika perangkat desa saja tidak mau divaksin. Karena itu, saya sudah meneken Perwako. Bila ASN dan non-ASN belum divaksin, kita berhentikan sementara,” tegasnya.

Dari hasil diskusi dengan para kepala desa dan Bhabinkamtibmas ini, didapati bahwa kendala di desa warganya tidak mau divaksin. Ternyata, banyak beredar informasi hoaks tentang vaksinasi dan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat.

“Semoga setelah Rakor ini, para kepala desa dan Bhabinkamtibmas dapat menyosialisasikan vaksinasi ini di desanya masing-masing. Sehingga angka vaksinasi kita naik untuk mewujudkan herd immunity di daerah kita,” tegasnya.(rel)