Pagi Ini, Padek-Paragon Go to School di SMA 1 Pariaman! Intip Keseruannya!

18
BERSEMANGAT: Panitia dari Padek dan Paragon bersama guru dan siswa mempersiapkan kegiatan di SMA 1 Pariaman, Minggu (17/7).(IST)

Setelah sukses dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah di SMA Negeri 1 Padang pada Kamis (14/7) lalu, Padek-Paragon Go to School pagi ini (18/7) diadakan di SMA Negeri 1 Kota Pariaman.

Program literasi jurnalistik dan pengembangan diri berwirausaha yang diinisiasi oleh Harian Padang Ekspres bersama Paragon Technology and Innovation itupun disambut antusias oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar, Kepala SMA Negeri 1 Pariaman Elfi Junaida dan Ketua OSIS Fauzi.

Pantauan Padang Ekspres, Minggu (17/7), persiapan sudah dilakukan oleh panitia bersama guru dan siswa SMA 1 Pariaman. Bahkan guru dan siswa juga menyiapkan penyambutan yang meriah dan total untuk berjalan lancarnya program yang didukung oleh Dinas Pendidikan Sumbar ini.

Direktur Padang Ekspres M Nazir Fahmi menyebutkan bahwa kegiatan Padek-Paragon Go to School di 15 SMA di Sumbar ini untuk melatih dan memberi pemahaman kepada guru dan siswa yang menjadi peserta tentang dunia jurnalistik. Termasuk di dalamnya tentang kode etik jurnalistik di media massa, serta memberi pemahaman juga tentang bagaimana menulis dan berinteraksi yang bijak di media sosial.

”Padek-Paragon Go to School hadir untuk memberikan pemahaman tentang literasi jurnalistik, termasuk mendidik tentang etika jurnalis yang baik dan benar serta bijak bermedia sosial agar tak terpapar informasi hoaks,” ujar M Nazir Fahmi.

Nazir berharap pelatihan ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh guru maupun siswa yang mengikuti. “Semoga pelatihan ini dapat menjadi solusi bagi seluruh peserta dalam dunia jurnalistik dan pengembangan jiwa wirausaha,” ujarnya.

Selain memberikan pelatihan, dalam program ini juga diselenggarakan lomba guru favorit penulisan artikel, guru favorit pilihan pembaca dan sekolah inovatif.

Ketua Panitia Pelaksana Heri Sugiarto menjelaskan, lomba guru favorit penulisan artikel dipilih berdasarkan penilaian artikel yang dikirimkan guru dari 15 SMA peserta Padek-Paragon Go to School. Sedangkan guru favorit pilihan pembaca, dipilih berdasarkan kupon yang dikirimkan guru, siswa dan masyarakat ke Padang Ekspres.

Ketiga, sekolah inovatif yang dipilih berdasarkan penilaian inovasi dan kreativitas sekolah, baik secara akademik maupun non-akademik yang diekspose kepala sekolah saat digelar di 15 sekolah peserta. Juri lomba berasal dari Padang Ekspres, Paragon, Dinas Pendidikan dan Universitas Negeri Padang.

Founder PT Paragon Technology and Innovation Nurhayati Subakat dalam sambutannya mengatakan, pendidikan salah satu upaya dalam membangun karakter terdidik ke depannya. Nah, ini termasuk dalam lima prinsip yang pegang teguh perusahaannya.
Untuk yang pertama, adalah ketuhanan.

Baca Juga:  Pahami Ilmu Dasar Menulis, Padek-Paragon Go to School SMAN 1 Batusangkar

“Dengan Ketuhanan kita optimis diberi kemudahan dan kepercayaan. Lalu kedua, kepedulian, yaitu bagaimana kita hidup bermanfaat untuk orang lain,” sebutnya.

Ketiga, kerendahan hati, di mana harus belajar terus menerus dari siapa saja dan dari mana saja. Keempat, ketangguhan, dan kelima inovasi.

“Menjadi manusia yang terdidik, memiliki kerendahan hati dan terus berinovasi merupakan ciri yang tercermin sebagai seorang pelajar yang baik, serta terus berkembang menebarkan manfaat bagi sekitar,” jelasnya.

Menurutnya, Paragon pun dapat berkembang sukses sampai saat ini berkat saja para guru mendidik anak-anak muda menjadi sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Untuk itu, PT Paragon Technology and Innovation mendukung penuh berjalannya program kolaborasi dengan Padang Ekspres sebagai koran terbesar di Sumbar ini.

Gubernur menyebut, kerja sama Padek dan Paragon merupakan langkah cerdas dalam upaya turut serta dalam meningkatkan dan membangun generasi yang berkualitas ke depannya. Untuk itu dia berharap langkah cerdas dalam kolaborasi ini akan memberikan hal positif bagi Sumbar dan bangsa di masa datang.

Guru Pilihan Pembaca

Untuk lomba guru pilihan pembaca, sampai dengan Minggu (17/7), tertinggi diraih oleh Liza Marnalista, guru SMA 1 Padang dengan jumlah dukungan sementara sebanyak 404, diikuti oleh Mulyadi, juga guru SMA 1 Padang dengan dukungan sementara sebanyak 16 dan Rini Amelia guru SMA 2 Painan sebanyak 15 dukungan. Sementara untuk guru peserta lainnya masih berkisar 1 sampai 5 dukungan.

Sementara itu, setelah di SMA Negeri 1 Pariaman hari ini, Padek-Paragon Go to School selanjutnya akan digelar di SMA INS Kayutanam (19 Juli 2022), SMAN 1 Lubukbasung (21 Juli 2022), SMAN 2 Painan (23 Juli 2022), SMAN 1 Sumatera Barat (25 Juli 2022), SMAN 1 Bukittinggi (26 Juli 2022), SMAN 1 Lubuksikaping (28 Juli 2022), SMAN 2 Payakumbuh (1 Agustus 2022), SMAN 1 Lareh Sago (2 Agustus 2022), SMAN 1 Batusangkar (4 Agustus 2022), SMAN 2 Sumatera Barat (6 Agustus 2022), SMAN 1 Solok (8 Agustus 2022), SMAN 1 Sawahlunto (10 Agustus 2022) dan MAN 1 Sijunjung (11 Agustus 2022). (nia/cr4)