Pemko Pariaman Nilai Desa/Kelurahan Berprestasi

11
Kepala DPMD Kota Pariaman, Efendi Jamal, memimpin rapat persiapan Penilaian lomba Desa/Kelurahan Berprestasi tingkat Kota Pariaman Tahun 2020. (Foto: IST)

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Pariaman menggelar Rapat Persiapan Penilaian Lomba Desa/Kelurahan Berprestasi tingkat Kota Pariaman Tahun 2020, bertempat di Kantor DPMD Kota Pariaman, Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Kamis (19/3/2020).

Rapat Persiapan Penilaian lomba Desa/Kelurahan Berprestasi ini dipimpin langsung oleh Kepala DPMD Kota Pariaman, Efendi Jamal, dan dihadiri oleh Kepala Kesbangpol dan 4 camat se Kota Pariaman serta tim penilai.

Efendi Jamal mengatakan untuk pelaksanaan kegiatan Penilaian lomba Desa/Kelurahan Berprestasi dilaksanakan dari tanggal 23 Maret, 24 Maret 2020 dan tanggal 31 Maret 2020 mendatang.

“Untuk Penilaian lomba Desa/Kelurahan Berprestasi tingkat Kota Pariaman, akan dilaksanakan selama tiga hari pada akhir maret 2020 mendatang,” ungkapnya.

“Kepada Kepala Desa dan Lurah, untuk teknis kegiatan, agar desa tidak perlu menyiapkan acara secara besar-besaran, karena kita saat ini, masih dalam upaya untuk menimalisir penyebaran virus korona yang telah menjadi momok yang menakutkan bagi kita semua,” sambungnya.

Berdasarkan instruksi presiden dan surat edaran dari beberapa kementerian, agar tidak mengadakan kegiatan di luar ruangan yang melibatkan orang banyak atau keramaian, maka untuk Penilaian lomba Desa/Kelurahan Berprestasi tahun 2020 kali ini akan diadakan di dalam ruangan.

“Acaranya tidak perlu seremonial dan dilaksanakan di dalam ruangan, dengan segala sumber daya yang ada, yang artinya kita tidak usah melibatkan orang banyak dan mengumpulkan orang banyak disatu tempat, dan nanti kita melakukan penilaian sesuai dengan indicator-indikator dan aturan penialaian yang ada,” paparnya.

Indikator Penilaian lomba Desa/Kelurahan tingkat Kota Pariaman ini berupa Evaluasi Bidang Pemerintahan, yang meliputi Pemerintahan, Kinerja, Inisiatif dan Kreatif dalam Pemberdayaan masyarakat, penerapan e-government dan pelestarian adat dan budaya.

Kemudian Evaluasi Bidang Kewilayahan yang mengacu pada identitas, batas, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta pengaturan investasi. Serta Bidang Kemasyarakatan yang mengarah pada Partisipasi masyarakat, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi.

“Pada tahun 2019 yang lalu kita dapat meraih prestasi untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat, dimana pada tahun lalu, Desa Sikabu mewakili Kota Pariaman meraih predikat Juara Tiga di tingkat Sumbar,” ulasnya.

Ia berharap untuk Tahun 2020 ini, agar Kota Pariaman kembali dapat meraih Penilaian lomba Desa/Kelurahan Berprestasi di tingkat Sumbar, dan kalau bisa menjadi yang terbaik, karena itu kita akan memilih secara selektif perwakilan Desa/Kelurahan mewakili Kota Pariaman,” tutupnya. (*)