Genius Umar Narasumber Seminar Virtual Penginderaan Jauh

10

Wali Kota Pariaman, Genius Umar didaulat menjadi narasumber dalam Seminar Virtual, Webinar #seri6 “Status Pemanfaatan Penginderaan Jauh di Indonesia” yang diprakarsai MAPIN (Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia), Selasa (19/5/2020).

Narasumber lainya adalah Rokhis Komarudin (Kepala Pusat Penginderaan Jauh LAPAN), Abadi Siregar (Kepala Bappeda Tapanuli Utara, Sumatera Utara) dan Yohanes Rahmat (Pemerhati Lingkungan dan Tata Ruang Kabupaten Landak, Kalimantan Barat).

Dalam presentasinya, Genius Umar, mengatakan Kota Pariaman telah menggunakan satelit citra dalam kebijakan perencanaan pembangunan dan data penataan ruang sejak tahun 2010 lalu.

“Citra satelit telah dimanfaatkan oleh Kota Pariaman dengan menggunakan Citra Ikonus Perekaman Februari 2010, dan pada tahun 2016, Pemko Pariaman melakukan pembelian citra satelit melalui katalog LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), dengan jenis citra satelit Citra GeoEye perekaman Juni 2016,” jelas Genius Umar.

Genius menjelaskan, citra satelit atau penginderaan jauh ini difungsikan untuk pembuatan pemetaan batas wilayah administrasi Kota Pariaman yang berbasis geospasial, pembuatan peta Blad sebagai kontrol pembangunan dan investasi di Kota Pariaman, dan bahan dasar pembuatan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Pariaman.

“Untuk Citra GeoEye perekaman Juni 2016, kita gunakan untuk perencanaan lokasi GOR, site rencana lokasi perumahan, investasi rencana lokasi pengembangan RSUD, identifikasi kawasan kumuh di Kota Pariaman, dan Identifikasi penanganan sepanjang aliran sungai,” tuturnya. (*)