Informasi Publik jadi Kebutuhan Pokok

9
Pengelola PPID Utama Kota Pariaman, Eka Putra Pernanda, menerima dokumen daftar informasi publik dari PPID Pembantu Dinas PUPR Kota Pariaman. (Foto: IST)

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Kota Pariaman menerima dokumen daftar informasi publik dari PPID Pembantu Dinas PUPR Kota Pariaman.

Berkas informasi publik ini, diserahkan oleh perwakilan PPID Pembantu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Irwan ke Pengelola PPID Utama Kota Pariaman, Eka Putra Pernanda, bertempat di ruang PPID Dinas Kominfo Kota Pariaman, Balaikota Pariaman.

“PPID ditujukan sebagai bentuk upaya pemerintah memberikan keterbukaan informasi publik, dimana di era keterbukaan informasi publik saat ini, sebagai sarana mengoptimalkan pengawasan publik dalam penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya dan segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik,” kata Eka Putra Pernanda.

Informasi merupakan kebutuhan pokok setiap orang bagi pengembangan pribadi dan lingkungan sosialnya serta merupakan bagian penting bagi ketahanan nasional.

Hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

”Terkait dengan tugas tersebut, PPID menetapkan standar layanan informasi di lingkungan di kementerian/lembaga/instansi/pemerintah daerah, dalam rangka penyelenggaraan pelayanan publik dengan menyediakan sarana, prasarana, fasilitas berupa desk layanan informasi dan fasilitas pendukung lainnya,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (Kabid IKP) Dinas Kominfo Kota Pariaman ini. (nia)