Percepat Pencairan BLT Dana Desa, Manfaatkan Sesuai Kebutuhan

26
BANTUAN: Wali Kota Pariaman Genius Umar menyalurkan BLT Dana Desa Cubadakmentawai triwulan pertama tahun 2022.(IST)

Pemerintahan Desa Cubadakmentawai melakukan percepatan pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk triwulan pertama tahun 2022 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Ini bertujuan agar KPM bisa memanfaatkan bantuan ini sesuai kebutuhan.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Cubadakmentawai Azwirman usai penyerahan BLT Dana Desa, kemarin (19/4). Dia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Pariaman khususnya kepada Wali Kota Pariaman Genius Umar yang telah memberikan bantuan kepada warga di Desa Cubadakmentawai.

Pemerintahan desa sengaja menyalurkan BLT DD triwulan pertama tahun 2022 lebih cepat. Ini bertujuan agar KPM bisa memanfaatkan bantuan ini sesuai kebutuhan. Kepada seluruh warga Desa Cubadakmentawai, untuk terus menjaga kesehatan karena saat ini masih berada pada situasi pandemi Covid-19.

Sementara, Wali Kota Pariaman Genius Umar menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa untuk triwulan pertama tahun 2022 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Penyaluran ini berlangsung di Kantor Desa Cubadakmentawai Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, Selasa (19/4).

Genius Umar mengapresiasi Kepala Desa Cubadakmentawai Kecamatan Pariaman Timur karena merupakan salah satu desa tercepat penyaluran BLT DD untuk triwulan pertama tahun 2022 di Kota Pariaman.

Baca Juga:  Menteri PAN-RB Resmikan MPP Kota Pariaman Awal Juli 2022

“BLT Dana Desa merupakan salah satu bantuan langsung yang diterima warga yang tidak mampu dan terkena dampak Covid-19. Untuk BLT Dana Desa besarannya tergantung dari anggaran desa yang diperoleh dari pusat. Adapun saat ini masyarakat Desa Cubadakmentawai memperoleh BLT DD triwulan pertama tahun 2022 sebesar Rp 300 ribu per bulan. Sehingga mereka menerima Rp 900 per triwulan,” ungkapnya.

Desa Cubadakmentawai menyerahkan BLT DD Triwulan pertama untuk tahun 2022 kepada 71 KPM.  Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah dalam membantu perekonomian masyarakat yang terdampak dimasa Pandemi Covid 19 seperti sekarang ini.

“Disamping BLT DD triwulan pertama untuk tahun 2022  yang masuk langsung ke rekening KPM, kita juga berikan bantuan beras sebanyak 5 kilogram per KPM, “ tambahnya.

Bantuan yang diterima menjelang Lebaran, dapat meringankan beban masyarakat kita yang kurang mampu dan dapat memenuhi kebutuhan selama Ramadhan.  Ia juga berharap, bantuan ini mampu memberikan kebahagian dalam menyambut kemenangan di hari yang fitri nantinya. (nia)