101 Mahasiswa ATIP Tahun Angkatan 2020-2021 Terima Beasiswa Sagasaja

3

Sebanyak 101 mahasiswa Akademi Teknologi Industri Padang (ATIP) Tahun Angkatan 2020-2021 kembali menerima beasiswa program Satu Keluarga Satu Sarjana (SAGASAJA) berupa biaya kuliah dan uang saku. Penyerahan beasiswa secera simbolis bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Senin (21/2).

“Pemko Pariaman dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman memberikan beasiswa program SAGASAJA kepada mahasiswa 101 ATIP Tahun Angkatan 2020 – 2021. TA 2020 sebanyak 48 orang dan TA 2021 sebanyak 53 orang. Sebenarnya mahasiswa TA 2021 berjumlah 67 orang namun ada 14 orang yang tidak bisa dibayarkan karena Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dibawah standar sehingga biaya semester ini akan ditanggung pihak keluarga. Ini merupakan salah satu persyaratan pembayaran beasiswa program SAGASAJA yang telah tertuang pada Peraturan Walikota Pariaman, “ ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Pariaman Kanderi.

Program SAGASAJA yang merupakan program unggulan kepemimpinan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin telah berhasil dilaksanakan sejak beberapa tahun yang lalu. Program ini juga sudah menjadi percontohan bagi daerah lain karena Kota Pariaman merupakan satu-satunya kota yang melakukan hal tersebut.

“Kita memberikan beasiswa pada program SAGASAJA kepada mahasiswa yang IPK 2,75 keatas. Disamping itu, bagi mahasiswa yang IPK diatas 3,75 juga kita beri reword berupa tambahan uang saku sebesar Rp 1 jt. Namun untuk TA 2020 dan 2021 hanya ada 1 mahasiswa yang berhasil mendapatkan reword tersebut. Ini akan kita lakukan evaluasi kembali, kenapa para mahasiswa sulit untuk mendapatkan IPK diatas 3, “ tambahnya.

Baca Juga:  Fraksi DPRD Pariaman Sampaikan Pandangan Umum terhadap Nota APBD 2021

Ia berharap kepada seluruh mahasiswa untuk terus belajar dengan sungguh – sungguh sehingga meraih IPK diatas 3. Dengan capaian IPK tersebut, beasiswa dapat dibayarkan dan tidak akan membebankan orangtua. Bagi mahasiswa yang saat ini tidak menerima beasiswa, jangan berkecil hati, karena ini hanya bersifat sementara. Apabila semester selanjutnya IPK naik, beasiswa kembali kita bayarkan. Untuk itu, fokus pada kuliah dan jadilah kebanggaan orangtua.

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Pariaman Zalman Zaunit usai menyerahkan beasiswa tersebut mengatakan bahwa ini merupakan kegiatan rutin dari Baznas Kota Pariaman.

“Tidak hanya pemberian beasiswa program SAGASAJA, namun Baznas Kota Pariaman masih punya program lainnya untuk kesejahteraan masyarakat Kota Pariaman. Kita juga punya beasiswa lainnya untuk para mahasiswa Kota Pariaman yang belum pernah mendapatkan beasiswa dari manapun,“ ungkapnya.

Untuk TA 2021, Baznas Kota Pariaman memberikan beasiswa program SAGASAJA senilai Rp292.500.000. Penyerahan ini diterima secara simbolis oleh Kepala Disdikopora Kota Pariaman Kanderi dan didampingi oleh Sekretaris Disdikpora Kota Pariaman Hartati Taher.

“Pergunakanlah uang ini sebagaimana fungsinya. Jangan salah gunakan karena apabila kita mengetahuinya, mahasiswa tersebut akan diberikan sangsi. Begitu juga dengan uang saku yang diberikan. Uang saku tersebut untuk 6 (enam) bulan dan manfaatkan dengan sebaik mungkin sehingga dengan adanya beasiswa program SAGASAJA, orangtua mahasiswa tersebut betul – betul merasa terbantu,“ tutupnya.(*)