Syawirman: Lapangan Sepakbola Persikatim Berdampak Peningkatan Ekonomi

4

Lapangan Sepakbola dan Stadion Mini Persikatim (Persatuan Sepakbola Sikapak Timur) Desa Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara ini, memberi dampak peningkatan ekonomi desa, ini terbukti dengan naiknya pemasukan asli desa, dan masyarakat disekitar memanfaatkanya untuk berjualan, yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini disampaikan Kepala Desa Sikapak Timur, Syawirman, ketika memberikan sambutan pada peresmian Lapangan Sepakbola Persikatim, yang diresmikan oleh Walikota Pariaman, Genius Umar, Desa Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara, Senin (21/2).

Syawirman juga menuturkan bahwa setelah 5 Tahun Pembangunan dengan menggunakan dana desa yang dilakukan secara bertahap, dengan total anggaran 1.3 M, akhirnya Lapangan Sepakbola dan Stadion Mini Persikatim ini, dapat selesai dan diresmikan.

“Alhamdulillah penggunaan dana desa ini sudah sesuai dengan aturan yang berlaku dan sesuai dengan Peraturan Mentri Desa, untuk pembangunan sarana dan pra sarana olahraga, dan kita menganggarkan secara bertahap dari Tahun 2017, 2018, 2019, 2020 sampai 2021 kemaren, sesuai dengan kesepakatan dengan BPD,” tukasnya.

Lebih lanjut Syawirman mengatakan bahwa Lapangan ini juga di pasang talud dan turap, dan dilengkapi dengan pendestrian agar tidak digenangi air, serta satu buah Mini Stadion, yang dilengkapi tribun untuk bagian atas, dan Toilet dan ruang ganti disisi kiri dan kanan.

“Hampir 2 (dua) Tahun kebelakang, sebelum diresmikan, Lapangan Sepakbola Persikatim ini telah menjadi lapangan yang sering dipakai berbagai ajang kompetisi dan pertandingan, baik di tingkat Kota Pariaman, Sumatera Barat bahkan Nasional, dimana lapangan ini pernah ditunjuk untuk menghelat laga Piala Soeratin dan Liga III,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kalapas Pariaman Silaturahmi dengan Wako Genius, Ini Pembahasannya

Dari berbagai Kompetisi dan Pertandingan yang digelar di Lapangan Persikatim ini, sangat terasa manfaatnya oleh masyarakat, dengan tingginya peredaran ekonomi selama kompetisi berjalan, dan kita juga mempromosikan bagi daerah lain yang bermain disini, untuk mengajak mereka berkunjung dan berwisata di destinasi yang ada di Kota Pariaman, dimana kebanyakan mereka memilih destinasi Pantai yang ada di Kota Pariaman dan Pulau Angso Duo, terangnya.

“Kami juga meminta kepada Pemerintah Kota Pariaman, kiranya dapat melengkapi prasarana lainya agar lapangan sepakbola Persikatim ini, dapat lebih baik lagi dan mempunyai spesifikasi bertaraf nasional, dengan menambahkan prasarana Tribun terbuka di sebelah selatan dan utara, sehingga penonton yang menyaksikan, bisa lebih banyak lagi,” tutupnya.

Hadir juga dalam Peresmian Lapangan Sepakbola Persikatim ini, Ketua DPRD Kota Pariaman, Fitri Nora, Wakil-Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman, Mulyadi dan Efrizal, Anggota DPRD Kota Pariaman, Jonasri, Ketua KONI, Erdison Trd, Ketua ASKOT PPSSI, Kardinal Feri, Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, Kepala OPD, Camat Pariaman Utara dan Para Kepala Desa yang ada di Kecamatan Pariaman Utara. (*)