Di Tengah Pandemi, Rafif Juara Hafiz Quran Padang TV

10
Rafif Malfaizul Akbar menerima bonus karena berhasil mnjadi juara hafiz Al Quran. (Foto: IST)

Pandemi Covid-19, tak menyurutkan Rafif Malfaizul Akbar, 10, mengukir prestasi. Siswa Kelas 4, SD Negeri 08 Kampung Jawa, Kota Pariaman ini menjuarai lomba hafiz Al Quran yang diselenggarakan Padang TV secara daring, Rabu (20/5/2020).

Anak pertama dari tiga bersaudara ini mampu menyingkirkan 50 peserta lainnya dari berbagai daerah di Sumatera Barat.

“Rafif sudah beberapa kali mengikuti lomba tilawah dan tartil Al Quran, dan lomba hafiz ini merupakan pertama kali dan Alhamdulillah langsung juara 1,” ungkap Hadi Siswanto, orangtua Rafif di ruangan Kepala Dinas Dikpora Kota Pariaman, Jumat (22/5/2020).

Rafif telah mulai dikenalkan dengan Al Quran sejak umur 2,5 tahun. Rafif pernah mewakili Kota Pariaman pada MTQ Nasional tingkat Sumbar di Kota Pariaman pada tahun 2017. Juara pertama MTQ cabang tartil tingkat Kota Pariaman pada tahun 2018.

“Yang namanya anak-anak, Rafif juga suka bermain, sehingga kami harus mampu membagi waktunya sehingga tidak terlalu banyak bermain daripada menghafal. Kalau sedang Rafif sedang malas, kami memotivasinya dengan melihatkan video-video hafiz anak berkebutuhan khusus seperti anak tunanetra namun hafal tiga juz, dan lain sebagainya, sehingga bisa membangkitkan semangatnya lagi untuk menghafal,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Hertati Taher mengaku bangga karena disaat pandemi Covid-19 Rafif masih mampu mengukir prestasi. “Kami sangat bangga dan senang dengan prestasi yang diraih oleh Rafif. Peran orangtua sangat kami harapkan untuk mendampingi anak dalam proses belajarnya di rumah. (*)