Saluran Irigasi di Desa Taluak bakal Dibersihkan secara Padat Karya

4
Walikota Pariaman Genius Umar didampingi jajarannya mencek langsung kondisi saluran irigasi di Desa Marunggi, Kecamatan Pariaman Selatan, Senin (22/6/2020). (IST)

Walikota Pariaman Genius Umar mencek langsung saluran irigasi ladang dan persawahan di Desa Taluak dan Desa Marunggi, Kecamatan Pariaman Selatan, Senin (22/6/2020).

“Yang kita temui di lapangan adalah saluran air di persawahan dan ladang rumbia milik warga Desa Marunggi dalam keadaan tersumbat akibat sampah ranting kayu yang menumpuk sehingga pengairan kebawahnya tidak lancar dan terganggu,” ungkap Genius Umar.

Untuk itu, Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (PPP) bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pariaman akan melakukan padat karya dengan melibatkan masyarakat sekitar untuk membersihkan saluran irigasi tersebut lebih kurang sepanjang 800 meter mulai dari Desa Taluak sampai ke Desa Marunggi.

“Jika saluran irigasi bersih maka pengairan sawah dan tanaman lain akan lancar dan tumbuh subur karena mendapat cukup air,” jelas Wako.

Dia berharap dengan adanya padat karya ini dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat di Kecamatan Pariaman Selatan yang menganggur akibat virus korona.

“Dengan dilibatkannya masyarakat dalam padat karya ini untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab mereka terhadap lingkungan sekitarnya agar dirawat dengan baik sehingga mendatangkan manfaat pula bagi mereka dan Kota Pariaman swamsembada beras. Dihimbau kepada masyarakat untuk menjaga dengan tidak membuang sampah ke saluran air karena nanti akan tersumbat,” papar Genius.

“Diminta peran dari pemerintah desa sebagai koordinasi terhadap kelompok-kelompok di wilayah kerja tersebut seperti kelompok tani yang akan menggunakan sawah dan ladang tersebut,” sambung Genius.

Usai memantau saluran irigasi di Desa Taluak dan Desa Marunggi, wako yang juga didampingi Kadis PUPR Asrizal, Kadis PPP Dasril, Kadis Kominfo Hendri, Camat Pariaman Selatan Suryadi, Kabag Umum Setdako Pariaman Alyendra, Kepala Desa Marunggi Adrizal, Kepala Desa Taluak Ismed Zuhri dan Kepala Desa Padang Cakur Ramadhani meninjau pembangunan taman milik Desa Padang Cakur, Kecamatan Pariaman Selatan. (*)