Bila Dikelola Maksimal, Zakat Bisa Atasi Kemiskinan

Plt Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin melantik Pimpinan Pengganti Baznas Kota Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Zakat merupakan ibadah yang harus dikelola oleh negara. Sebab itu negara berkewajiban untuk mengangkat petugas zakat. Sebab, potensi zakat jika dikelola dengan maksimal mampu mengatasi permasalahan kemiskinan di tengah-tengah masyarakat.

Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin saat melantik Pimpinan Pengganti Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman Periode 2016-2021 di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (21/10).

”Apabila potensi zakat yang berasal dari umat Islam se-Kota Pariaman dapat dihimpun dan dikelola secara baik, maka dana tersebut akan dapat menjadi dana alternatif  untuk penyelesaian berbagai masalah. Khususnya dalam rangka pengentasan kemiskinan,” ujarnya. Termasuk juga pembiayaan pendidikan, pertolongan terhadap orang-orang yang menderita, dan orang dhuafa serta kegiatan sosial lainnya.

Sebab itu Mardison Mahyuddin berharap, pengurus Baznas Kota Pariaman bekerja secara optimal, bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja ikhlas. Di samping itu ia mengingatkan untuk amanah dalam mengemban kepercayaan sebagai pimpinan pengganti Baznas Kota Pariaman.

Baznas sebut Mardison, harus mengelola zakat secara transparan dan tepat sasaran. Itu agar dana-dana yang terhimpun dapat dimanfaatkan secara maksimal dan berhasil.
“Baznas merupakan lembaga yang penting dalam pemerintahan dan membantu dalam rangka mengentaskan kemiskinan. Zakat yang dikelola oleh Baznas ini adalah semuanya murni dari zakat yang diberikan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN),” terangnya.

Baca Juga:  Plt Wako Pariaman Ajak IFC Ikut Promosikan Wisata Pariaman

Namun dia berharap agar Baznas juga bisa mencari peluang-peluang zakat lainnya. ”Jangan hanya mengambil zakat dari ASN saja. Tapi juga harus punya motivasi untuk mencari dari sumber lainnya seperti dari pengusaha, masjid, desa, kelurahan, perantau, dan dari sumber yang lainnya,” ucapnya. ”Jika zakat terus bertambah banyak tentu sangat membantu khususnya dalam bidang pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat,” tukasnya. (nia)