Kinerja ASN Semakin Berat Selama Pandemi

Wali Kota Pariaman Genius Umar menyerahkan SK kepada 264 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Sebanyak 264 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman menerima Surat Keputusan (SK) Pegawai Negeri Sipil (PNS) formasi tahun 2018. SK diserahkan langsung oleh Wali Kota Pariaman Genius Umar yang bertempat di Halaman Balaikota Pariaman Senin (22/2).

Tentunya, rasa syukur ini sebut Genius harus diwujudkan melalui bekerja dengan baik, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, yang dilandasi dengan spritualitas, profesionalitas, integritas, loyalitas tinggi dan penuh rasa tanggung jawab.

Pengangkatan PNS bukan sekadar untuk mengisi kebutuhan formasi yang tersedia, namun juga meningkatkan kinerja pegawai yang bersangkutan. Di tengah sulitnya mencari lapangan pekerjaan, kini profesi PNS menjadi idaman bagi sebagian masyarakat.

Meskipun mereka mengatahui bahwa insentif yang diterima seorang PNS tergolong kecil dibangingkan seorang profesional. ”Dengan bergabungnya para PNS pada dinas masing – masing, hendaknya bisa mewarnai dan memberikan kemajuan pada dinas tersebut,” ujarnya.

PNS ini adalah orang-orang yang baru saja menyelesaikan pendidikan dengan nilai yang baik. Untuk itu dengan ilmu yang telah dipelajari selama kuliah, bisa diterapkan saat menjadi ASN di Kota Pariaman.

Baca Juga:  Wali Kota Pariaman Paparkan Capaian Kinerja Indikator Makro Daerah

Genius mengingatkan menjadi seorang abdi negara tidaklah mudah. Melainkan justru semakin berat, apalagi pada masa pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir.

Ini merupakan suatu tantangan bagi ASN karena harus tetap kerja dengan risiko yang cukup tinggi. Genius mengingatkan yang paling harus diperhatikan bagi seorang ASN adalah memahami tata administrasi perkantoran, tata naskah dinas, kearsipan, meningkatkan kinerja, kemampuan leadership harus selalu ditampilkan sehingga kinerja masing-masing instansi meningkat. Secara tidak langsung akan membawa Kota Pariaman lebih baik dan maju lagi ke depannya. (nia)

Previous articleBocah 10 Tahun Meninggal Terseret Ombak
Next article1,5 Hektare Perkebunan Sawit Terbakar di Pasbar