BPBD Pariaman Siagakan Tenda Posko Covid-19

Petugas BPBD Kota Pariaman memasang tenda posko penanganan Covid-19 di Balaikota Pariaman, Senin (23/3). (foto: IST)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman menyiagakan tenda posko pencegahan dan penanganan corona virus disease (Covid-19) di Kota Pariaman. Tenda tersebut dipasang di samping kiri gerbang Balaikota Pariaman, Senin (23/3).

Kepala BPBD Kota Pariaman, Azman menyampaikan posko ini nantinya untuk menerima seluruh keluhan masyarakat terkait penanganan Covid-19.

“Jika ada masyarakat sepulang dari rantau atau dari tempat yang disinyalir adanya wabah Covid-19 di daerah tersebut dan ternyata masyarakat tersebut diduga orang dalam pemantauan (ODP) tentu kita harus waspada dan dilakukan pemeriksaan di sini,” ungkapnya.

Azman menyebut, fasilitas kesehatan yang ada di dalam tenda posko ini seperti alat penyemprotan disinfektan, hand sanitizer, sabun cuci tangan dan alat kesehatan lainnya.

Ia menegaskan, untuk mencegah ancaman Covid-19, Pemko Pariaman telah melakukan penyemprotan disinfektan di tempat wisata, sekolah, kantor-kantor dan masjid/mushala, Lapas dan tempat-tempat keramaian.

“Kalo ada permintaan penyemprotan disinfektan oleh masyarakat di tempat-tempat yang belum tersisir oleh BPBD, kita siap terjunkan petugas ke lapangan,” imbuhnya.

Ia mengimbau agar seluruh sekolah, masjid, dan kantor menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan. “Hindari kerumunan. Jika tidak ada keperluan jangan keluar rumah sampai pemerintah mengumumkan bahwa keadaan sudah betul-betul aman,” pungkasnya. (*)