Gairahkan Kembali Kepariwisataan

23
Rakor Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Sektor Pariwisata Kota Pariaman Tahun 2020 di Aula Anai Resort, Kabupaten Padangpariaman, Selasa (22/9). (Diskominfo Pariaman)

Sektor kepariwisataan menjadi prioritas pembangunan Kota Pariaman. Sebelum pandemi covid-19 sektor ini menyumbang PAD yang signifikan di Kota Pariaman. Saat ini di tengah pandemi Covid-19 semangat untuk memajukan pariwisata tak boleh surut.

Asisten I Pemko Pariaman Yaminu Rizal menyebut pembangunan sektor kepariwisataan, telah menjadi prioritas pembangunan Kota Pariaman. Akselerasi pembangunan pariwisata ini terus di lakukan baik menyangkut penataan objek wisata. Peningkatan kualitas SDM, penyelenggaraan iven wisata berskala nasional dan internasional, promosi, serta peningkatan sinergi kerja-sama antar pemangku kepentingan terkait.

“Kita semua harus memiliki keyakinan, kesungguhan bersama dalam mempromosikan daerah akan turut berkontribusi pada upaya-upaya kita untuk meningkatkan jumlah wisatawan, baik dalam maupun luar negeri ke Kota Pariaman,” ujarnya saat Rakor Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Sektor Pariwisata Kota Pariaman Tahun 2020 di Aula Anai Resort, Kabupaten Padangpariaman, Selasa (22/9).

Untuk itu kekuatan pembangunan suatu wilayah perlu didukung oleh semua elemen. Percepatan pembangunan tak bisa dilakukan satu pihak. Maka konsep pembangunan pentahelix. Di mana unsur pemerintah, masyarakat atau komunitas, akademisi, pengusaha, dan media bersatu membangun kebersamaan dalam pembangunan.

Baca Juga:  Bila Dikelola Maksimal, Zakat Bisa Atasi Kemiskinan

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman meningkatkan kualitas pelaku wisata dengan pelatihan tata kelola destinasi wisata bagi pelaku wisata Kota Pariaman. Dengan harapan, setelah diadakan pelatihan ini, masyarakat atau komunitas disebut social power, komunitas, akademisi, pengusaha, dan media diharapkan terlibat dalam proses pembangunan sektor memajukan pariwisata di Kota Pariaman.

Upaya lain memajukan dunia pariwisata di Kota Pariaman, tambah Kadisparbud Dwi Marhen Yono, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman akan mengadakan lomba video kreatif. Lomba video yang terbuka untuk umum, dan mewakili desa atau kelurahan masing-masing. (nia)