Antisipasi Korona, Pemko Pariaman Sediakan Bak Cuci Tangan

Walikota Pariaman Genius Umar mencuci tangan di bak cuci yang ada di Kantor Balaikota Pariaman, Selasa (24/3). (Foto: IST)

Pemerintah Kota Pariaman menyediakan bak air disertai sabun pencuci tangan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kantor Balaikota Pariaman. Sarana pencuci tangan tersebut disediakan sejak kemarin, Senin (23/3) pagi oleh Bagian Umum dan Protokoler Setdako Pariaman.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan bak air cuci tangan ini sengaja disediakan untuk ASN di Balaikota Pariaman sebagai upaya pencegahan dasar virus korona atau Covid-19 di Kota Pariaman.

“Virus tersebut bisa saja tertular lewat tangan sebagai media penularan. Sebagai contoh adalah ketika kita berjabat tangan dengan orang menutupi batuk dengan tangannya atau ketika kita menyentuh objek yang terpapar virus korona,” ungkap Wako.

“Karena mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir secara detail dan menyeluruh sangat ampuh dibanding hand sanitizer dan antiseptik lainnya,” tambah Wako.

Wako menegaskan, sejak diumumkan oleh pemerintah pusat terkait penyebaran virus korona di Indonesia, Pemko Pariaman telah melakukan upaya pencegahan dengan cara menyemprotkan disinfektan di kantor-kantor, sekolah-sekolah, lapas, masjid/mushalla, pasar dan kemudian mengimbau menyediakan sarana pencuci tangan di tempat-tempat tersebut.

Selain itu, dalam mencegah penyebaran virus yang berbahaya tersebut, ASN diminta agar menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air, gunakan masker ketika bepergian serta sediakan hand sanitizer dan antiseptik dimeja kerja masing-masing. (*)