Mahasiswa KKN-T IPB Bantu Promosi Usaha

Aktifitas mahasiswa KKN-T IPB Kota Pariaman bersama UP2K Siti Baheram Desa Sungai Pasak. (Diskominfo Pariaman)

Pandemi Covid-19 memberikan dampak keterpurukan sektor ekonomi yang sangat signifikan bagi masyarakat di berbagai belahan dunia. Perekonomian masyarakat menjadi terpuruk, akibatnya masyarakat sulit mencari nafkah.

Kondisi yang sama juga terjadi di Desa Sungai Pasak, Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman.  Penjualan hasil dagang mereka menurun, sehingga pendapatan berkurang. Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Siti Baheram Desa Sungai Pasak, Kecamatan Pariaman Timur ini merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan.

Khususnya bagi ibu-ibu dengan tujuan agar ibu-ibu bisa menjadi wiraswasta yang andal dan dapat membantu  perekonomian keluarga. Selama pandemi korona, program ini sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Sehingga masyarakat tersebut dapat merintis kembali usaha yang sempat terhenti karena pandemi korona.

Beberapa usaha yang dilakukan oleh masyarakat Desa Sungai Pasak tersebut yaitu rajutan (tas, gantungan kunci, konektor masker, dan produk rajutan lainnya). Termasuk makanan khas daerah seperti kipang, ladu, kerupuk nasi dan sebagainya, dan pembuatan tikar ruyung yang berbahan dasar serbuk kelapa.

Ketua UP2K Siti Baheram Desa Sungai Pasak Evi Yulianti mengatakan, program ini diharapkan dapat mendukung perekonomian masyarakat. Meskipun dampak yang diberikan tidak terlalu besar karena usaha yang dibuat masih berbasis rumahan dan dipasarkan hanya dalam skala kecil.

Baca Juga:  Pariaman-Pasaman Jalin Kerja Sama Kemetrologian

Berkaitan dengan hal tersebut, mahasiswa KKN-T IPB Kota Pariaman yang beranggotakan 5 orang perempuan merasa termotivasi untuk membantu program UP2K ini. ”Upaya yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-T IPB selama mengabdi di Kota Pariaman yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pembuatan bungkus yang lebih menarik dan sesuai dengan produk yang dipasarkan,” ujar salah satu mahasiswa KKN-T IPB, Riska Oktama Kasra.

Termasuk mengajarkan pembuatan logo yang menarik, membantu memasarkan produk melalui pasaran dan memberikan rekomendasi tentang cara pemasaran produk agar dapat dengan mudah diterima oleh pasar. Ia berharap dengan kondisi ini bisa membantu bangkitnya ekonomi masyarakat.

Camat Pariaman Timur Resi berharap program ini akan terus berlanjut dan dapat memberikan dukungan ekonomi bagi masyarakat di Desa Sungai Pasak, Kecamatan Pariaman Timur ini. (nia)