Genius Umar Diangkat jadi Ketua LKAAM Pariaman

11
Foto bersama usai pengukuhan Genius Umar sebagai ketua LKAAM Pariaman. (Diskominfo Pariaman)

Usai diadakannya Musyawarah Daerah (Musda) III Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) dan Bundo Kanduang Kota Pariaman, terbentuklah kepengurusan baru di LKAAM Kota Pariaman karena kepengurusan yang lama telah berakhir.

Musda III yang dilaksanakan di Aula Balaikota Pariaman tersebut, Kamis (25/02/2021), mengangkat Genius Umar yang juga wali kota Pariaman sebagai Ketua LKAAM Kota Pariaman periode 2021-2026, sedangkan untuk Bundo Kanduang Kota Pariaman kembali diamanahkan kepada Bundo Arrahmi.

Usai rapat tersebut, Genius Umar menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran LKAAM Kota Pariaman dan Pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) yang ada dalam wilayah Kota Pariaman yang telah mengamanahkan jabatan tersebut kepada dirinya.

“Ini merupakan bagian amanah masyarakat adat salingka Kota Pariaman. Atas nama pribadi saya meminta kerjasama seluruh pihak dan pemangku kepentingan untuk sama-sama saling bahu membahu untuk selalu menegakkan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah,” ujar Genius.


Ia mengapresiasi kepengurusan LKAAM yang lama sewaktu dipegang oleh Mukhlis Rahman yang juga mantan wali kota Pariaman.

Baca Juga:  Pelantikan ASN Digelar di Lapangan Terbuka

Genius menjelaskan banyak program strategis yang terencana yang akan ia kerjakan sebagai ketua LKAAM Kota Pariaman yang baru, termasuk mengumpulkan kembali para Dubalang yang ada disetiap desa/kelurahan yang ada di Kota Pariaman untuk mempertegas dan memperjelas tugas pokok dan fungsinya di desa/kelurahan.

“Kesemuanya itu tak akan berjalan tanpa dukungan dari seluruh unsur yang ada di Kota Pariaman, baik itu tokoh adat, tokoh agama, bundo kanduang dan pemuda/pemudi Kota Pariaman, ayo kita bangkitkan kembali nuansa adat yang berlandaskan agama dan aturan kaidah yang berlaku,” tutup Genius. (*/bis)