Pemko Pariaman Terapkan E-Retribusi di Lokasi Pariwisata

23
Pemko Pariaman akan menerapkan e-retribusi di kawasan wisata. (Diskominfo Pariaman)

Pemerintah Kota Pariaman melakukan sosialisasi tata cara pemanfaatan aplikasi E-Retribusi pariwisata dan tempat khusus parkir di kawasan Pantai Kata dan Gandoriah.
Sosialisasi ini dilakukan kepada petugas pemungut retribusi dari Disparbud dan Dishub Kota Pariaman.

Sosialisasi tersebut diadakan di ruang pertemuan Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Pariaman. Kepala BPKPD Kota Pariaman, Buyung Lapau menjelaskan penggunaan aplikasi E-Retribusi pariwisata dan tempat khusus parkir ini sebagai alat dan sistem informasi pemungutan retribusi daerah yang transparan akurat, akuntabel, secara digital sehingga pengunjung tempat wisata Pantai Kota Pariaman puas dengan pelayanan dari petugas.

“Dalam hal penataan tempat wisata dan tempat Parkir khusus, Pemerintah Kota Pariaman tetap juga akan memberdayakan masyarakat sekitar objek wisata sesuai dengan ketentuan yang berlaku,”ujarnya.

Tim Bank Nagari memberikan demo tentang tata cara menggunakan aplikasi E-Retribusi wisata dan tempat khusus parkir. Sedangkan untuk sistem pembayaran juga bisa menggunakan aplikasi OVO, uang digital dan sejenisnya.


Sosialisasi ini di ikuti oleh Kepala Cabang Bank Nagari Pariaman, Ibnu beserta tim, Bidang Pengelolaan Pendapatan BPKPD, Bidang E-Government Dinas Kominfo, UPTD Pengelola Parkir Dinas Perhubungan, dan perwakilan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman. (nia)