Sembilan Desa Dapat Anggaran Pembangunan

25
ilustrasi. (net)

Tahun 2021 Pemerintah Kota Pariaman berhasil menggaet APBN melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Pada program ini sembilan desa mendapat anggaran pembangunan infrastuktur masing-masing Rp 300 juta.

“Alhamdulillah tahun ini Kota Pariaman mendapatkan anggaran program Kotaku sebesar Rp 3,7 miliar. Rinciannya Rp 1 miliar untuk pembangunan galeri UMKM di Sungaisirah Jati dan Rp 2,7 miliar untuk pembangunan infrastruktur desa di sembilan desa,” ujar Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Pariaman Muhammad Syukri kepada Padang Ekspres, Rabu (24/2).

Syukri menjelaskan untuk pembangunan galeri UMKM merupakan bagian dari kegiatan peningkatan kehidupan berkelanjutan. Galeri ini dibangun di Sungaisirah Jati Pariaman karena daerah ini merupakan sentra kerajinan bordir dan makanan khas Pariaman.

Sehingga pembangunan galeri diharapkan mampu meningkatkan penjualan UMKM dikawasan tersebut. Sebelumnya tahun 2020 Pariaman juga mendapatkan bantuan serupa pembangunan galeri dan los di Pasar Balai Nareh Pariaman yang diresmikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumbar Hamdani, kemarin.


Selain itu Pariaman juga mendapatkan bantuan pembangunan water front city di Batang Pampan Pariaman. Sementara bantuan pembangunan infrastruktur di desa, ujar Syukri, merupakan program padat karya tunai. Pembangunan infrastruktur desa ini dikerjakan oleh warga desa setempat.

Baca Juga:  Pelantikan ASN Digelar di Lapangan Terbuka

Hal ini bagian dari meningkatkan perekonomian warga di saat ini. Sembilan desa atau kelurahan yang mendapatkan bantuan program ini adalah Desa Kampungbaru, Desa Pauhbarat, Desa Palakaneh, Desa Padangcakua, Desa Cubadakaia, Desa Cubadakaia Selatan, Desa Tungka Selatan, Desa Sintuak, Desa Sungaisirah. “Saat ini sedang tahap sosialisasi kepada masyarakat desa tersebut. Mudah-mudahan Maret ini pengerjaan fisik sudah bisa dilaksanakan,” tukasnya. (nia)