Kota Pariaman Raih Juara II Tingkat Nasional Lomba Kampanye Gemarikan

2

Kota Pariaman meraih Juara II dalam Lomba Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) Tingkat Nasional Tahun 2021, yang telah diikuti oleh  Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Pariaman Ny Lucyanel Genius secara virtual.

Lomba Kampanye Gemarikan tersebut diadakan untuk memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas) yang diperingati setiap 21 November, dan tema yang diusung tahun ini; ”Ikan Untuk Generasi Tangguh dan Unggul”.

Lucyanel Genius menyebutkan, saat ini pemerintah kota sedang serius memperhatikan masalah ketahanan pangan, serta pemenuhan gizi masyarakat Kota Pariaman terutama dari segi protein hewani salah satunya adalah ikan.

“Salah satu kunci rahasia sukses adalah dengan memakan ikan. Ikan adalah salah satu sumber protein yang lebih murah dan mudah didapatkan dibandingkan dengan daging, apalagi Kota Pariaman terletak di pesisir pantai Sumatera,” ujarnya.

Ikan haruslah bisa menjadi hidangan yang prioritas, dan diolah menjadi produk kekinian yang praktis dan murah, seperti sosis ikan, nugget ikan, bakso ikan, abon ikan serta diversifikasi produk olahan berbahan ikan

Baca Juga:  Fraksi DPRD Pariaman Sampaikan Pandangan Umum terhadap Nota APBD 2021

Di dalam ikan terkandung imunostimulan, atau senyawa yang dapat menstimulus sistem imun tubuh yang sangat dibutuhkan di saat pandemi covid-19 ini. “Alhamdulillah tahun ini kita bisa meraih juara II Tingkat Nasional dalam lomba kampanye gemarikan ini, semoga tahun depan kita bisa meraih juara I,” ungkapnya.

Ia berpesan agar semua masyarakat mengkonsumsi ikan yang aman sehat dan halal. “Ayo makan ikan cegah stunting dan lawan covid-19,” serunya. (*)