BPBD Garda Terdepan Penanganan Covid-19 di Kota Pariaman

8
Kalaksa BPBD Kota Pariaman, Azman. (Foto: IST)

Sampai saat ini virus korona (Covid-19) masih menjadi masalah terbesar di dunia yang perlu ditindaklanjuti dengan segera. Semakin hari wabah ini semakin meluas menyebar ke ke negara-negara di dunia, ibukota, provinsi, bahkan ke tingkat kabupaten dan kota .

“Menyikapi hal itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman menyampaikan bahwa, semenjak BPBD mendengar Covid-19 ini sudah menjadi ancaman bagi masyarakat banyak. Kami dari BPBD sudah bersiap siaga dengan ancaman ini seandainya nanti datang ke Kota Pariaman,” ungkap Kalaksa BPBD Kota Pariaman, Azman, Kamis (26/3/2020).

Berbagai persiapan sudah dilakukan, seperti membuat gugus tugas dari ancaman Covid-19 ini, untuk semua OPD dan instansi vertikal terbaik. “Dengan dibagikannya SK gugus tugas ini kepada mereka berarti kita telah tergabung dalam tim gugus tugas Kota Pariaman untuk melakukan pembersihan dan pencegahan dari datangnya ancaman Covid-19 ini,” ungkapnya.

Untuk kegiatan, katanya, BPBD Kota Pariaman beserta tim sudah banyak melakukan aksi pencegahan penyebar luasan virus korona ini, yaitu dengan mengadakan penyemprotan disinfektan ke kantor-kantor yang ada di Kota Pariaman seperti Balaikota, Polres, Dandim, Lapas, juga masjid-masjid dan mushalla, serta tempat-tempat wisata yang ada di Kota Pariaman. “Kami juga telah membagi-bagikan masker untuk masyarakat agar bisa dipergunakan seefektif mungkin dalam pemakaiannya,” jelasnya.

Sampai saat ini kurang lebih 70% BPBD dan tim sudah melakukan aksi terlebih dahulu, terhadap kesiapsiagaan wabah ini. Dengan adanya pembersihan dan penyemprotan ancaman dari Covid-19 ini dapat meminimalisir terjadinya penularan kepada warga.

Azman menghimbau kepada masyarakat agar mau mentaati peraturan yang telah ada. “Semoga di Kota Pariaman tidak ada anak-anak atau orang tua yang positif terjangkit virus korona ini, dan hindari untuk berkerumun di tempat-tempat yang mengundang banyak orang datang. Ayo kita cegah Covid-19 dengan memperbanyak istigfar dan melakukan shalat ke masjid atau mushalla agar kita senantiasa dilindungi dan diberi kesehatan oleh Allah SWT,” pungkasnya. (*)