Pesan 50 Kamar, Inapkan Tenaga Medis di Hotel Dekat Pantai Kata

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Wako Pariaman Genius Umar meninjau fasilitas hotel, Sabtu (25/4/2020). (Foto: Diskominfo)

Para tenaga medis RSUD Pariaman yang menangani pasien Covid-19 akan diinapkan di Safari Inn Hotel and Cottage, di Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, mulai 4 Mei mendatang.

Kebijakan tersebut diambil Gubernur Sumbar Irwan Prayitno setelah RSUD Pariaman ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan pasien yang terpapar Covid-19.

Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Sumbar Nomor 440-252-2020, seluruh tenaga medis, mulai dari dokter, perawat hungga petugas RSUD Pariaman diberikan fasilitas penginapan selama menangani pasien Covid-19.

“Setelah RSUD Pariaman mulai melayani pasien Covid-19 per tanggal 4 Mei mendatang, maka para tenaga medis akan kita isolasi juga. Mereka diinapkan di Safari Inn Hotel,” ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ketika meninjau fasilitas dan kesiapan hotel itu, Sabtu (25/4/2020).

Irwan menambahkan bahwa tenaga medis itu khawatir keluarga di rumah terpapar jika pulang.

“Untuk mengatasi itu, maka para petugas yang berjuang di garis depan melawan Covid-19 itu diberikan fasilitas menginap yang memadai,” tambahnya.

Tahap awal, Pemprov Sumbar membooking 50 kamar hotel yang berhadapan langsung dengan objek wisata Pantai Kata itu selama 2 bulan, yaitu Mei dan Juni.

Sebanyak 50 kamar itu, nantinya akan diisi satu orang per kamar bagi tenaga medis di RSUD Pariaman. Apabila kurang, maka satu kamar akan diisi dua orang.

“Nah, jika wabah ini masih berlanjut, maka tidak tertutup kemungkinan, bookingan diperpanjang sebulan,” jelas Irwan didampingi Wali Kota Pariaman Genius Umar, Direktur RSUD Pariaman, Indria Velutina dan Owner Safari Inn Hotel and Cottage James Nazmi.

Menurut Genius, Safari n Hotel and Cottage ini sangat cocok untuk tempat beristirahat. “Sangat nyaman dan menajdi rekomendasi hotel untuk Kota Pariaman dalam kegiatan berskala provinsi, regional dan nasional, bahkan internasional,” tukas Genius Umar. (rel/esg)