Layanan Umum RSUD Pariaman bakal Buka Kembali 1 Juli

9
RSUD Pariaman rencananya akan membuka kembali pelayanan untuk masyarakat umum pada 1 Juli 2020 ini. (IST)

Menindaklanjuti surat edaran Gubernur Provinsi Sumatera Barat Nomor: 360/174/Covid-19-SBR/VI/2020, tanggal 19 Juni 2020, tentang diberlakukannya kembali pelayanan umum atau non Covid-19 di RSUD Pariaman pada tanggal 1 Juli 2020, langsung ditanggapi Direktur RSUD Pariaman dr Indria Veluntina.

Dr Indria mengatakan, diaktifkannya kembali RSUD sebagai tempat pelayanan umum pada tanggal 1 Juli 2020, karena berdasarkan dari hasil evaluasi selama ini, dimana terdapat penurunan jumlah kasus Covid-19 ang terkonfirmasi atau positif Covid-19 di RSUD Pariaman.

“Pelayanan untuk umum kembali akan kami buka seperti biasa pada hari Rabu tanggal 1 Juli 2020, akan tetapi untuk pelayanan pasien Covid-19 tetap akan kami layani juga,” ungkap dr Indria, Jumat (26/6/2020).

dr Indria menjelaskan menjelang dibukanya kembali pelayanan umum tersebut, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan segala sesuatunya, agar pelayanan yang diberikan nanti sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, dan masyarakat tidak takut untuk datang berobat kembali ke RSUD karena takut tertular virus korona ini.

Dia menyatakan, untuk ruang perawatan pasien non Covid-19 dan pasien Covid-19, sudah dilakukan pemisahan ruang rawatnya. Tapi semua itu belum sepenuhnya sempurna karena ada alat kesehatan (Alkes) yang masih belum ada, dan sedang ditunggu kedatangannya untuk ditempatkan di area rawat ruang isolasi Covid-19 RSUD Pariaman.

Disebutkan, untuk kebutuhan biaya Alat Pelindung Diri (APD) Level I, Level II, dan Level III, dan minimal ketersediaan 10 box masker surgical setiap harinya harus disediakan untuk sekitar 500 orang petugas medis.

“Untuk kami harus mengkaji ulang kembali berapa jumlah data pasien di beberapa poliklinik yang akan dibuka nantinya. Setelah semuanya dikaji ulang, hasilnya akan kami laporkan ke Pemerintah Provinsi untuk ditindaklanjuti. Jika semuanya sudah disetujui, insya Allah Rabu 1 Juli 2020, secara resmi pelayanan umum di RSUD Pariaman akan kami buka, dan untuk pelayanan pasien Covid-19 akan tetap kami layani,” paparnya.

Dia berharap semoga semua tenaga kesehatan di RSUD Pariaman turut serta mendukung keputusan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah ini, dengan tetap memperhatikan keselamatan dan perlindungan diri, keluarga serta masyarakat, dan tidak mengedepankan ketakutan yang berlebihan, demi memberikan pelayanan dan kesembuhan pada masyarakat. (*)