Genius Umar Diusulkan Terima Satyalancana Wira Karya bidang Kelautan

4

Wali Kota Pariaman Genius Umar diusulkan sebagai penerima penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya Bidang Kelautan Tahun 2021.

Genius dinilai telah melakukan pembangunan berkelanjutan di wilayah pesisir di Kota Pariaman.

Genius Umar menyatakan bahwa Kota Pariaman telah melakukan pembangunan yang berkelanjutan, terutama di wilayah pesisir, yang menyasar pada perbaikan lingkungan dan peningkatan ekonomi serta sosial masyarakat pesisir.

Oleh karena itu, pemko sangat komit menciptakan pembangunan yang berlandaskan penyelamatan ekosistem. Apalagi Kota Pariaman adalah kota pesisir
emiliki garis pantai sepanjang 12 km dan 6 pulau kecil yang bisa dimanfaatkan maksimal untuk menjaga kawasan pantai tetap memelihara lingkungan berwawasan pariwisata.
Hal tersebut diungkapkan Genius pada rapat konfirmasi dan klarifikasi dokumen tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya dengan Kementerian Dalam Negeri secara virtual melalui zoom meeting di Ruang Rapat Wali Kota, Senin (26/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Kadis PPP Kota Pariaman Dasril dan tim penyusun penerima pemberian tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya Bidang Pemerintahan Dalam Pengelolaan, Pengembangan, dan Pembangunan Kota Pariaman 2021.

Kawasan wisata yang dimaksud adalah kawasan wisata pesisir sebagai kawasan kampung nelayan yang kita padukan dengan tiga konsep. Sehingga bisa menyejahterakan nelayan dan masyarakat sekitar.

Baca Juga:  Festival Pantai Hasilkan PAD Rp 319 Juta

Tiga konsep tersebut adalah bagaimana ekonomi masyarakat bisa tumbuh, ekologi laut terjaga, dan kondisi sosial masyarakat juga tumbuh, dengan cara menata kawasan pesisir tersebut sedemikian rupa.

“Kita juga minta bantuan pemerintah melalui program penataan lingkungan, sehingga kawasan nelayan menjadi indah dan layak dijadikan tempat wisata,” papar Genius.

Genius berharap dengan segala pembangunan yang dilakukan, mulai dari program waterfront city, pengembangan kawasan hutan mangrove dan pelestarian penyu, penanaman pohon pelindung sepanjang pantai, dan kegiatan lainya, akan memberikan manfaat yang dinikmati masyarakat.

“Kegiatan itu sekaligus sebagai wisata yang dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar,” katanya.

Sementara itu Kasubdit Kawasan Khusus Lingkup I, Direktorat Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara, Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan, Kemendagri Nursyah Rizal mengatakan, pengusulan Kota Pariaman sudah layak diproses ke tahap selanjutnya.

Apalagi dari paparan yang disampaikan, Wali Kota Pariaman Genius Umar sangat menguasai konsep pembangunan yang berkelanjutan.

‚ÄúSemoga Kota Pariaman adalah penerima penghargaan ini dan bisa menjadi contohdaerah lainnya yang akan mengajukan pengusulan serupa,” ujarnya.(rel)